Perusahaan Pembuat PUBG Resmi Masuk NFT dan Metaverse

Perusahaan pembuat game popular, PUBG (PlayerUnknown’s Battlegrounds), Krafton resmi masuk bisnis NFT dengan berinvestasi di dua perusahaan Korea Selatan. Kelak kita akan akan menemukan pengayaan NFT di PUBG, game sejuta umat ini.

Pengembang game Korea Selatan, Krafton, yang didirikan oleh miliarder Chang Byung-gyu, menginvestasikan 8 miliar won (sekitar US$6,5 juta) di dua perusahaan seni digital untuk mengembangkan NFT (non-fungible token) yang disematkan di metaverse.

Dilansir dari Forbes, pihak perusahaan berinvestasi US$4 juta untuk 12 persen saham di toko NFT Xbyblue dan US$2,5 juta untuk 6 persen layanan lelang daring Seoul Auction Blue. Kedua perusahaan tersebut adalah anak perusahaan dari rumah lelang pertama Korea Selatan, Seoul Auction, yang didirikan pada tahun 1998.

Ketiga perusahaan juga telah sepakat untuk mengembangkan proyek terkait NFT, yang memungkinkan Krafton membuat dan menjual avatar NFT yang dapat digunakan di metaverse.

NFT adalah aset digital yang disimpan di blockchain yang mengesahkan keaslian objek seperti musik, karya seni, dan item dalam game.

“Krafton memiliki sejarah yang kaya dalam mengembangkan teknologi eksklusif, yang merupakan bagian dari dasar pengembangan NFT dan metaverse kami,” kata CEO Krafton Kim Chang-han.

Lanjutnya, melalui kemitraan dengan perusahaan inovatif seperti Seoul Action Blue, pihaknya yakin kami bisa menggabungkan penelitian dan keahlian mitra kami untuk menawarkan pengalaman baru yang menurut pengguna global akan menyenangkan dan menarik.

“Ini baru permulaan, karena Krafton akan mengumumkan rincian lain terkait kolaborasinya dengan Seoul Auction Blue dan Xbyblue, serta kemitraan global tambahan yang diposisikan untuk memperluas bisnis kami di masa depan,” tambah Kim.

Secara terpisah, Krafton juga mengumumkan bahwa mereka bermitra dengan Naver Z, unit raksasa Internet milik miliarder Korea Lee Hae-jin, Naver, untuk bersama-sama mengembangkan platform metaverse NFT yang dibuat pengguna. Naver Z sendiri mengoperasikan Zepeto, platform metaverse yang didukung oleh SoftBank, tempat Samsung mempromosikan ponsel terbarunya.

Per Agustus 2021, Krafton berhasil mengumpulkan US$3,8 miliar lewat penawaran saham perdana. Itu yang menjadikannya sebagai perusahaan berkembang di Korea yang masuk ke ranah metaverse, NFT dan kripto.

Bulan lalu, Netmarble, yang didirikan oleh miliarder Bang Jun-hyuk, mengumumkan rencana untuk meluncurkan sekitar selusin game baru yang menggunakan teknologi blockchain dan metaverse.

Kakao Games Kim Beom-su , Nexon Kim Jung-ju , Smilegate Kwon Hyuk-bin dan Wemade Park Kwan-ho juga terlibat dalam metaverse dan NFT ini. [ps]

spot_img

Terkini

Terkait