PHK di Perusahaan Kripto Memang Sulit Dihindari, Sebagian Lagi Justru Merekrut

Studi menemukan, PHK di perusahaan kripto dapat meningkatkan peluang pailit. Di saat yang sama, sebagian perusahaan lain sedang membuka perekrutan tenaga kerja baru.

Selama sebulan terakhir, sejumlah perusahaan kripto besar telah memberhentikan ribuan pegawai di tengah kondisi pasar kripto lesu.

PHK di Perusahaan Kripto 

Coinbase memPHK 1.180 pegawai dan mencabut penerimaan tenaga baru. BlockFi memPHK 20 persen tenaga kerja, Gemini memberhentikan 100 pegawai dan Crypto.com memPHK 260 orang.

Kepada BlockWorks, Sergey Vasylchuk, CEO Everstake, berkata pegawai yang diPHK adalah karyawan pemasaran, pengembang junior dan manajer proyek.

Menurutnya, perusahaan kripto yang berhasil bertahan melalui bear market akan semakin bernilai bagi industri kripto. Proyek kripto yang tidak mengelola resiko atau memiliki produk yang cocok akan terpaksa tutup.

Seiring perusahaan besar memangkas tenaga kerja dengan dalih pengurangan biaya dan perbaikan efisiensi, tim manajemen harus mengkaji dampak jangka panjang terhadap keputusan tersebut.

Journal of Business Research menerbitkan laporan yang menyatakan pemangkasan tenaga kerja dapat mengakibatkan serangkaian masalah yang berujung kepada kebangkrutan usaha.

“Penting mengingat ada biaya langsung seperti pesangon dan pensiun, tetapi ada juga biaya tidak langsung seperti penurunan reputasi perusahaan,” jelas Wayne Cascio, Profesor di Sekolah Bisnis Universitas Colorado.

Cascio menambahkan, PHK dapat mengakibatkan pengunduran diri pada tahun berikutnya sehingga perusahaan kehilangan pegawai-pegawai terbaik.

Ia menjelaskan, perusahaan seringkali menghindari PHK agar tidak mengalami perusakan reputasi. Reputasi bagus memudahkan perusahaan menarik pegawai baru ketika pasar mulai bergairah.

Cascio menghimbau perusahaan untuk mencari cara memangkas biaya dan mempertahankan pegawai bila kondisi pasar lesu diperkirakan akan berlangsung satu kuartal atau lebih.

Peter Cappelli, profesor manajemen Universitas Pennsylvania, mendukung pernyataan tersebut. Menurut Cappelli, tidak ada bukti yang menunjukkan PHK berujung kepada meningkatnya keuntungan perusahaan selain hanya dalam jangka pendek.

Kendati terjadi banyak PHK di industri kripto, sejumlah perusahaan membuka lowongan kerja. Ryan Selkis, CEO perusahaan riset kripto Messari, mengumumkan pihaknya akan merekrut lebih dari 20 pegawai baru.

Bursa Bitget asal Singapura berencana melipatgandakan tenaga kerjanya mencapai seribu pegawai sebelum akhir tahun. Penyedia staking asal Ukraina, Everstake, merekrut 30 pegawai baru sejak perang Rusia Ukraina dimulai dan tidak berencana melakukan PHK. [ed]

spot_img

Terkini

Terkait