Pornhub, PayPal dan Mata Uang Kripto Itu

2734

Mata uang kripto (di Indonesia diakui sebagai aset kripto) yang berteknologi blockchain memberikan jalan keluar yang “hepi” kepada situs video dewasa, Pornhub, setelah PayPal memblokir layanan mereka di situs itu. United States Dollar Tether (USDT) berbasis blockchain Tron pun jadi andalan. Efektifkah?

“Sejak keputusan PayPal menghentikan pembayaran kepada ribuan pembuat konten di situs kami, kami memulai tahun yang baru ini dengan catatan yang bagus. Salah satunya adalah dengan menawarkan sistem pembayaran menggunakan USDT. Transaksi USDT dapat dilakukan secara global dalam beberapa detik dan tidak ada biaya,” kata PornHub dalam blog resminya beberapa waktu lalu.


USDT sendiri terbit dalam beragam versi. Versi awal sejak tahun 2014, dan masih digunakan saat ini adalah memanfaatkan blockchain Bitcoin. Versi lainnya menggunakan blockchain Ethereum dan terakhir mengandalkan blockchain Tron milik Justin Sun.

BACA: SKANDAL USDT, PERUSAHAAN TETHER VERSUS AMERIKA SERIKAT

Nilai
Penggunaan USDT memang sangat popular saat ini, dengan volume perdagangan melebihi Bitcoin. Ia pun tersedia di ratusan bursa kripto di seluruh dunia, sehingga menjadi alternatif paling efektif untuk mengirimkan uang dolar AS.

Nilai USDT adalah satu banding satu terhadap nilai dolar AS. Artinya 1 USDT setara dengan 1 USD (Rp13.600). Pengguna dapat dengan mudah menukar USDT menjadi uang dolar AS ataupun jenis uang fiat lainnya, seperti rupiah.

Mengirimkan USDT pun jauh lebih murah dan cepat dibandingkan menggunakan jasa bank bahkan PayPal sekalipun. Khusus USDT berbasis blockchain Tron, memang dirancang gratis alias bebas ongkir, kecuali menggunakan jasa bursa aset kripto.

Di Indonesia, sejumlah bursa aset kripto menyediakan jual-beli USDT, di antaranya Rekeningku.com, Tokocrypto.com, Triv.co.id dan Indodax. Sejumlah bursa biasanya akan membebankan penarikan uang rupiah ke rekening bank Anda. Sedangkan pengiriman USDT versi Tron dari Huobi Indonesia, pengguna tidak dibebankan biaya kirim alias gratis.

Verge
Keputusan itu adalah keputusan kali kedua oleh PornHub untuk mengadopsi mata uang kripto. Sebelumnya pada tahun 2018 mereka menggunakan mata uang kripto lain, yakni Verge. Pada 15 November, hal itu ditegaskan kembali, sehingga berdampak pada kenaikan Verge hingga 40 persen!

Ketika itu Pornbub menyebutkan, beralih ke mata uang kripto (XVG), setelah pihak PayPal membekukan seluruh transaksi keuangan yang seharusnya diterima oleh para model film dewasa di situs itu.

“Kami ‘dihancurkan’ atas keputusan PayPal untuk menghentikan pembayaran kepada lebih dari serius ribu model kami. Mereka sangat mengandalkan layanan itu untuk hidup,” tulis manajemen PornHub.

Manajemen PornHub pun mengarahkan para model untuk mengubah metode pembayaran di akun masing-masing. Di laman PornHub, di bagian “Earnings and Payouts” disebutkan bahwa metode pembayaran yang deterima saat ini adalah Paxum (uang elektronik di Kanada), kertas cek, mata uang kripto Verge, USDT dan transfer antar bank. [Red]

Ikuti media sosial kami

INFO IKLAN/AD INFO