Profesor AS Sarankan Masyarakat Jauhi Crypto, Ini Alasannya!

Nouriel Roubini, profesor Universitas New York, AS, berkata 99 persen crypto adalah scam atau penipuan, tindakan kriminal serta gelembung Ponzi yang akan meledak.

Dalam wawancara dengan Yahoo Finance di acara World Economic Forum (WEF) di Davos, Swiss, Roubini menyarankan investor untuk sama sekali menjauhi aset crypto. Pasalnya, menurutnya hampir semua pelaku pasar crypto adalah penipu.

Roubini merupakan profesor ekonomi dan bisnis internasional di Universitas New York (NYU) Sekolah Bisnis Stern. Ia juga berlaku sebagai ketua Roubini Global Economics, perusahaan riset ekonomi makro global dan strategi pasar yang ia dirikan.

“99 persen kripto adalah penipuan, tindakan kriminal dan gelembung Ponzi yang akan meledak,” jelas Roubini, dikutip dari News.Bitcoin.com.

IKLAN

Pria yang dijuliki Dr. Doom alias Dokter Kiamat tersebut membagikan opini terkait bursa kripto FTX yang telah bangkrut serta pendirinya, Sam Bankman-Fried (SBF), yang tengah diselidiki.

Menurut Roubini, kasus seperti FTX bukanlah pengecualian, melainkan norma yang seringkali terjadi di pasar aset crypto. Kasus lain yang melibatkan nasabah kehilangan semua dana adalah bursa kripto QuadrigaCX pada tahun 2019.

Profesor NYU itu menasihati agar masyarakat menjauhi kripto dan tidak berinvestasi di kripto. Ia berkata 99 persen investor Bitcoin (BTC) tidak membeli pada harga US$1 ribu atau US$10 ribu.

“Mayoritas investor Bitcoin mengalami FOMO fear of missing out di tahun 2021 ketika harganya meroket dari US$20 ribu menjadi US$69 ribu,” tegas Roubini.

IKLAN

Dengan kata lain, mayoritas investor crypto BTC membelinya di atas harga saat ini, sehingga berada pada posisi merugi besar. Hal ini merupakan mimpi buruk, tambah Roubini.

Selain itu, dari 20 ribu initial coin offering (ICO), 80 persen merupakan penipuan dan 17 persen telah bernilai nol. Berarti, 97 persen dari ICO yang marak pada tahun 2017-2018 adalah tipuan atau kehilangan seluruh nilainya.

Terkait investasi kripto, Roubini menasihati agar investor menjauhi kripto. Ia berkata hampir semua pihak yang menawarkan produk kripto harus dipenjara sebab merupakan penipu.

Sebagai profesor ekonomi, Roubini telah lama mengkritik industri crypto dengan dalih hampir semua pelaku adalah penipu ulung. Ia menyebut CEO Binance Changpeng Zhao sebagai bom waktu berjalan.

Nouriel Roubini: Bitcoin Tak Punya Nilai Fundamental

Belum lama ini, ketua Komisi Bursa dan Sekuritas AS (SEC) Gary Gensler, mengingatkan mayoritas aset kripto akan gagal. Ia menghimbau agar investor tidak FOMO membeli aset kripto.

Mantan penegak hukum SEC John Reed Stark berkata peningkatan penegasan dari SEC perihal dinamika crypto di masyarakat akan mulai dalam waktu dekat. [ed]

spot_img
spot_img

Terkini

Terkait