Profesor Hanke: Sumbangkan Bitcoin Anda kepada Rakyat Venezuela

279

Profesor Steve Hanke, Guru Besar Ekonomi Terapan dari Universitas Johns Hopkins, belum lama ini menggelar kampanye kemanusiaan bagi rakyat Venezuela yang sedang dilanda krisis keuangan yang buruk. Ia menyebut, warga dunia dapat menyumbangkan dalam bentuk mata uang kripto seperti Bitcoin dan jenis kripto lainnya.

Berbicara dengan jurnalis National Publik Radio (NPR) kemarin, Minggu (21/04), Hanke yang pernah sebagai penasihat Ekonomi Indonesia di Era Presiden Soeharto itu mengatakan tujuan kampanye ini adalah untuk meringankan beban ekonomi rakyat Venezuela.

“Saat ini kami telah memverifikasi 60 ribu dari 100 ribu warga Venezuela yang berhak atas sumbangan ini. Hingga hari ini, kami telah menerima sumbangan hingga US$272 ribu dari US$1 juta yang direncanakan. Sumbangan akan dikucurkan kepada warga Venezuela pada Agustus mendatang,” kata Hanke.

Anda sebagai donatur dapat mengirimkan Bitcoin atau jenis kripto lainnya melalui platform AirTM. Aset kripto ini selanjutnya akan didistribusikan kepada dompet elektronik (juga di platform AirTM) warga Venezuela yang telah diverifikasi identitasnya.

Hanke menolak anggapan bahwa kampanye kemanusiaan ini bermuatan politik. Sebab, kata jurnalis NPR, CEO AirTM Ruben Galindo pernah mengatakan kepada Miami Herald, akan bergabung bersama kubu oposisi Venezuela, Juan Guaido.

Berdasarkan penelusuran BlockchainMedia, layanan AirTM memungkinkan melakukan pembayaran menggunakan Bitcoin dan sejumlah jenis kripto lainnya di seluruh dunia. Dana yang disimpan di layanan ini menggunakan mata uang internal AirTM, yakni AirUSD yang dipatok senilai 1 dolar AS. [npr.com/vins]

Ikuti media sosial kami

Ingin Beriklan? Klik di Sini