Provinsi di Argentina Siap Menerima Pembayaran Pajak Menggunakan Aset Kripto

Mendoza, provinsi di Argentina, menerapkan sistem yang menerima pembayaran pajak memakai aset kripto. Sistem yang diluncurkan pada 24 Agustus 2022 lalu merupakan langkah strategis untuk mendorong modernisasi dan digitalisasi pembayaran Dirjen Pajak Mendoza.

Mendoza merupakan salah satu provinsi pertama di negara tersebut yang menerapkan sistem kripto bagi para wajib pajak sehingga warga memiliki opsi untuk menunaikan kewajiban. Sistem itu memakai layanan pihak ketiga untuk memproses transaksi.

Provinsi di Argentina Adopsi Kripto untuk Bayar Pajak 

News.Bitcoin.com melansir, Nicolas Chavez, Direktur Umum Dirjen Pajak Mendoza, berkata, “Sistem ini adalah satu pintu lagi untuk membantu pembayaran pajak oleh wajib pajak.”

Chavez menambahkan, pihaknya telah menerapkan teknologi baru untuk memberikan layanan ini bersama dengan pemroses pembayaran, seperti dompet digital dan kripto.

IKLAN

Fitur pembayaran tersemat secara langsung di halaman situs pajak Mendoza, tetapi pembayaran kripto diproses oleh pihak ketiga yang menerima aset kripto dan menukarkan aset tersebut ke peso Argentina untuk diteruskan ke rekening provinsi.

Sistem ini hanya menerima pembayaran dalam bentuk stablecoin, termasuk USDT, USDC dan DAI. Hal ini diterapkan agar volatilitas aset kripto tidak berdampak kepada operasional Mendoza.

“Kami memastikan dari sudut pandang hukum, pembayaran dijamin ketika seseorang melakukan transaksi memakai blockchain,” tambah Chavez.

Berbagai pemerintah provinsi di Argentina dan negara Amerika Latin lain belum lama ini turut mengumumkan penerimaan kripto sebagai alat pembayaran pajak.

IKLAN

Pada April lalu, kepala pemerintah Buenos Aires, Horacio Laretta, mengumumkan bahwa kota itu berencana menerapkan pembayaran kripto bagi pajak. Laretta menyatakan fitur ini dapat diaktifkan mulai tahun 2023 beserta dengan sistem identifikasi berbasis blockchain.

Rio de Janeiro, salah satu kota dengan penduduk terbanyak di Brazil, berencana menerima aset kripto untuk pembayaran pajak mulai tahun 2023.

Selain pajak, kota tersebut memiliki visi pembayaran kripto untuk beragam layanan lain, termasuk angkutan umum. Rio de Janeiro juga berniat memanfaatkan teknologi NFT demi mempromosikan sektor seni, budaya dan pariwisata.

Tidak hanya itu, pemerintah Rio de Janeiro ingin menginvestasikan sebagian dana kota ke dalam sektor kripto melalui lembaga baru, yakni Komite Provinsi bagi Investasi Kripto. [ed]

IKLAN
spot_img

Terkini

Terkait