Proyek Kripto Kamu Megap-megap? Segera Hubungi Changpeng Zhao

Kondisi bursa kripto FTX yang mengenaskan setelah ‘gulung tikar’, juga menimpa industri kripto lainnya. Bagi investor maupun perusahaan kripto yang tengah megap-megap, kabar “dana pemulihan” dari CEO dan Pendiri Binance, Changpeng Zhao (CZ) bisa jadi angin segar.

Berbicara di Business 20 Summit di Bali, CZ mengumumkan dalam cuitan Twitter bahwa pihaknya hendak meluncurkan “dana pemulihan industri” untuk membantu membatasi dampak keruntuhan FTX.

“Untuk mengurangi efek negatif FTX lebih lanjut, Binance membentuk dana pemulihan industri, untuk membantu proyek-proyek yang kuat, tetapi dalam krisis likuiditas,” tutur CZ.

Melansir Protos,  CZ mengatakan niat utama Binance adalah membantu perusahaan kuat yang mengalami kesulitan likuiditas. Namun, detail mengenai program bantuan ini belum diutarakan secara terperinci.

IKLAN

Tidak jelas berapa banyak Binance bersedia berkomitmen untuk dana ini, dan bahkan lebih tidak jelas apakah jumlah itu akan cukup untuk memperlambat kerusakan dari FTX.

“Tidak ada yang benar-benar dapat dilindungi dari ‘pemain yang buruk’, terutama jika seorang pria sangat pandai berbohong, dan sangat pandai berpura-pura menjadi dirinya sendiri,” ucap eksekutif plontos tersebut, menyindir eks CEO FTX, Sam Bankman-Fried (SBF).

SBF sebenarnya pernah memiliki ambisi serupa. Di mana miliarder kribo itu menawarkan program bantuan bagi belasan perusahaan kripto dan blockchain yang tengah mengalami krisis.

Kedekatan SBF dengan regulator dan politisi Demokrat malah menyulut banyak kontroversi dalam ranah kripto. Tak pelak gebrakan menggandeng politisi, malah memancing banyak komentar miring. Termasuk dari CZ sendiri,  yang menuduh SBF menjual industri.

Crypto exchange FTX.com pimpinan Sam Bankman-Fried, resmi menyatakan bangkrut pada Jumat (11/11/2022). Dalam dokumen pernyataan perusahaan di pengadilan di AS, tersemat daftar 134 perusahaan terafiliasi. 

Pernyataan kebangkrutan itu menyusul gagalnya perusahaan itu mendapatkan talangan dana dari Binance setelah mengalami krisis likuiditas besar-besaran.

FTX.US, anak perusahaan FTX.com, dan perusahaan perdagangannya Alameda Research termasuk dalam pernyataan itu. Lebih dari 130 perusahaan terafiliasi lainnya ikut dinyatakan bangkrut.

Ini Ratusan Crypto Portofolio Alameda Research, Sebagian Besar Sudah Runtuh 80 Persen

“Bankman-Fried telah mengundurkan diri sebagai CEO tetapi akan tetap membantu dalam proses transisi,” tertera dalam dokumen itu yang ditandatangani langsung oleh Sam Bankman-Fried.

Sesuai dengan peraturan di Negeri Paman Sam, berdasarkan pernyataan hukum itu, kreditur dilarang secara hukum untuk mengklaim hutang atau melakukan gugatan hukum terhadap FTX.

Sebaliknya, FTX memiliki waktu selama 120 hari untuk mengajukan rencana pemulihan dana ke pengadilan Distrik di Delaware. [ab]

spot_img
spot_img

Terkini

Warta Korporat

Terkait