Proyeksi Pasar Kripto 2022

Aset kripto kian popular beberapa tahun terakhir hingga menjadi kelas aset mainstream. Minat tersebut disebabkan performa Bitcoin, aset yang melambung rata-rata 230 persen setiap tahun.

Kendati demikian, ada ribuan aset kripto lain yang bermunculan. Berikut adalah proyeksi pasar kripto di tahun 2022 beserta pertumbuhannya.

Pertama, Ethereum (ETH) layak dikenali seperti Bitcoin (BTC). ETH merupakan aset kripto kedua terbesar dengan performa melampaui BTC akhir-akhir ini.

ETH berpeluang menyalip BTC bila terus berkembang pesat di tahun 2022. Hal ini menjadikan ETH sebagai pilihan menarik bagi investor yang ingin mendiversifikasi portofolio kripto.

IKLAN

Kedua, penerimaan aset kripto sebagai alat pembayaran menjadi tren. Salah satu argumen terhadap kripto adalah tidak diterima sebagai pengganti uang tradisional, sehingga menjadi tak bermanfaat.

Tetapi, di tahun 2021 kian banyak usaha yang menerima BTC sebagai uang sah. Selain itu, pada bulan September tahun lalu, El Salvador menjadi negara pertama yang mengadopsi BTC sebagai mata uang legal.

CEO BitMex, Alexander Hoptner, berkata lima atau lebih negara dapat menyusul El Salvador di tahun 2022 dan menetapkan BTC sebagai uang legal. Hal ini dapat mendorong nilai kripto serta memotivasi negara lain melakukan langkah serupa.

Ketiga, Tiongkok menjadi pemimpin dalam hal mata uang digital bank sentral. Demi memerangi ancaman aset kripto, banyak negara mulai menciptakan uang digital sendiri.

IKLAN

Melalui pengelolaan dan pengendalian uang digital, negara-negara dapat menghindari sifat aset kripto yang tidak teregulasi dan desentralistik.

Keempat, seiring kripto menjadi semakin mainstream, portofolio investor individu dan perusahaan kian menambahkan aset kripto secara reguler.

Sejumlah penasihat keuangan kini merekomendasikan alokasi kripto beberapa persen dalam portofolio investasi. Perusahaan besar seperti MicroStrategy menambahkan kripto dalam neraca keuangan.

Tren tersebut semakin mendapat momentum sehingga akan ada lebih banyak uang institusi yang memasuki pasar aset kripto di tahun 2022.

Terakhir, kendati aset kripto kian diterima, ribuan kripto yang bersaing untuk mendapat perhatian akan kalah dan pelan-pelan menghilang. Hal ini sudah terbukti oleh kripto-kripto di masa lalu yang sempat mencapai posisi puncak tetapi kini tidak diketahui kabarnya. [gobankingrates.com/ed]

spot_img

Terkini

Terkait