Raksasa Fidelity Tawarkan Investasi Bitcoin untuk Pensiun, MicroStrategy Sepakat Ikut Serta

Raksasa perusahaan jasa manajemen investasi, Fidelity Investment, menawarkan produk investasi bernilai Bitcoin (BTC) untuk skema pensiun para karyawan Amerika Serikat. MicroStrategy sepakat ikut serta.

Produk investasi jenis ini adalah kali pertama Amerika Serikat, termasuk di dunia. Rencana produk itu pun, Fidelity Investment bersandar pada sejumlah penelitian dan jajak pendapat kepada para investor, khususnya kepada perusahaan dan karyawan.

Hasilnya adalah, minat untuk berinvestasi di kripto, khususnya Bitcoin, dianggap lebih prospektif untuk jangka panjang, dibandingkan dengan berinvestasi di saham, obligasi dan emas.

Asal tahu saja, Fidelity adalah perusahaan penyedia program dana pensiun nomor satu di AS. Raksasa investasi yang berbasis di Boston itu kini mengelola tabungan pensiun lebih dari 20 juta orang.

“Fidelity percaya bahwa teknologi blockchain dan aset kripto akan menjadi bagian yang jauh lebih besar daripada masa depan industri keuangan,” kata Dave Gray, Kepala Penawaran dan Platform Pensiun Fidelity, dilansir dari The New York Times, Selasa (26/4/2022).

Produk itu adalah produk khusus bagi karyawan yang ingin pensiun, di mana salah satu aset di dalamnya adalah Bitcoin. Fidelity menganjurkan porsi investasi ke BTC adalah 20 persen dari total portofolio itu.

Salah satu perusahaan yang ikut serta dalam rencana produk itu adalah MicroStrategy. Perusahaan publik yang punya BTC di neraca keuangannya ini, akan menawarkannya kepada para karyawan.

Karyawan yang berminat bisa mengaktifkan auto debet dari rekening gaji mereka di bank mereka ke rekening produk investasi itu di Fidelity.

Namun demikian, itu tidak mendapatkan tantangan. Pada Maret 2022, Departemen Tenaga Kerja AS memperingatkan masyarakat bahwa kripto adalah aset investasi perdagangan spekulatif dan volatil. AS khawatir, bahwa penawaran produk investasi bernilai kripto bisa membawa dampak negatif bagi stabilitas keuangan nasional.

Fidelity adalah salah satu perusahaan keuangan besar pertama yang terjun ke kripto. Perusahaan yang berbasis di Boston itu mulai menambang Bitcoin (BTC) sejak tahun 2014. Pada Oktober 2018, mereka membuka unit produk investasi kripto secara terpisah. Per Juni 2021, Fidelity mengelola dana investasi hingga US$4,2 triliun untuk lintas jenis kelas aset.

Pada tahun 2019, Fidelity juga masuk ke bisnis penyimpanan kripto, yang dipuji oleh CEO Abigail Johnson sebagai “kesuksesan besar.” November lalu 2021 lalu, anak perusahaannya di Kanada menjadi kustodian Bitcoin pertama yang teregulasi di Kanada, rumah pertama produk ETF Bitcoin. [ps]

spot_img

Terkini

Terkait