Raoul Pal, si penghayat Bitcoin, pendiri dan CEO The Real Vision dan Global Macro mengatakan, bahwa harga Bitcoin dibantu naik oleh eksistensi DeFi alias keuangan desentralistik. DeFi saat ini Total Value Locked (TVL)-nya menuju US$10 miliar.

“Pada akhirnya yang akan membantu Bitcoin menjadi ‘jaminan’ di masa depan adalah yield curve, yang sedang difasilitasi oleh ledakan keuangan desentralistik (DeFi) saat ini,” kata Pal.

Pantauan Redaksi di DefiPulse, TVL DeFi saat ini adalah US$9,55 miliar. Angka itu akumulasi sejumlah stablecoin bernilai dolar AS, aset kripto Ether (ETH) dan Bitcoin. Lejitan cepat terjadi sejak Juni 2020 (US$1,1 miliar).

Nilai Bitcoin sendiri ter-lock di DeFi mencapai 67,4 ribu BTC, agak turun sebelumnya karena sempat 72 ribu BTC. Banyaknya BTC itu adalah sebagai agunan (collateral) untuk mendapatkan stablecoin bernilai dolar atau aset kripto lainnya.

Tren DeFi sebenarnya menegaskan kembali atas bullish-nya Pal terhadap Bitcoin secara fundamental, khusus dibandingkan dengan emas sebagai aset fisik.

Emas baginya tidak semudah mentransfer Bitcoin yang berwujud digital. Teknologinya yang unik memungkinkan setiap orang bisa mengaksesnya menggunakan aplikasi melalui Internet.

BERITA TERKAIT  Jelang Konferensi BlockJakarta, Oscar Darmawan: Bitcoin adalah Aset Safe Haven

Emas memang langka, tetapi tidak lebih langka dan pasti dibandingkan Bitcoin yang hanya 21 juta unit dari saat ini 18.477.412 BTC.

“Kebenaran yang jujur ​​adalah bahwa Bitcoin mengalahkan emas di setiap kriteria, kecuali soal sejarah emas 10.000 tahun. Emas adalah solusi tradisional, tetapi kurangnya kemudahan penggunaan di era digital dan kurangnya kemudahan transfer, membuatnya tidak optimal untuk kebutuhan masyarakat,” jelas Pal.

Pal juga merujuk pada kurva penawaran tetap Bitcoin, belum lagi fakta bahwa ada lebih dari 10.000 simpul (node) di jaringan Bitcoin yang menjaga buku besar (ledger) tetap utuh.

“Sesuatu yang memiliki persediaan tetap terbatas dan sangat aman memiliki nilai sebenarnya. Fakta bahwa itu dapat dibagi, portabel dapat dipindahtangankan dan ditukar, membuatnya berpotensi memiliki nilai lebih daripada aset lainnya, termasuk bentuk uang lainnya,” tegasnya. [Decrypt/red]

Ikuti media sosial kami

INFO IKLAN/AD INFO