Ray Dalio: Bitcoin adalah Alternatif Emas Bagi Generasi Muda

Seorang triliuner yang sempat berpandangan negatif terhadap kripto, Ray Dalio, telah mengungkapkan pandangannya terhadap Bitcoin. Menurutnya, kripto utama ini cocok disebut sebagai alternatif emas bagi generasi muda, atau milenial.

Ray Dalio dan Pandangannya Terhadap Bitcoin 

Menjadi salah satu manajer investasi paling ternama dan melegenda, Ray Dalio kini menjadi pendukung aset kripto dengan mengungkapkan pandangan yang terdengar menyejukkan.

Meski begitu, Dalio masih mengakui bahwa dirinya hanya sedikit berinvestasi di aset kripto. Namun nilai pastinya belum diketahui.

Dalio juga telah melontarkan pujian terhadap kripto utama ini karena teknologi blockchainnya yang sangat luar biasa, serta aset ini belum pernah mengalami peretasan atau pelanggaran keamanan.

Dalam wawancaranya bersama MarketWatch, Dalio juga membahas tentang Bitcoin di topik portofolio investasi. Menurutnya, kripto ciptaan Satoshi Nakamoto ini hampir dapat disebut sebagai alternatif dari emas bagi generasi muda.

“.. Sebuah portofolio harus dimulai dengan, dalam skenario terburuk, aset apa yang melindunginya dan memastikannya terdiversifikasi. Ini hampir merupakan alternatif generasi muda untuk emas dan tidak memiliki nilai intrinsik, tetapi memiliki nilai yang diperhitungkan dan, oleh karena itu, memiliki beberapa kelebihan,” tambahnya.

Namun, ia pun mewaspadai adanya langkah tegas dari pemerintah jika mulai merasakan ancaman dari ketertarikan yang lebih besar terhadap Bitcoin dari para investor.

Menurutnya, para pemangku kepentingan pasti memiliki suatu cara untuk “membunuh” Bitcoin jika kripto ini benar-benar berhasil mendominasi.

Lebih Memilih Emas

Meski dirinya memuji dan mengakui kehebatan dari blockchain dan juga Bitcoin, ia masih akan tetap memilih emas.

Tentu saja, Dalio adalah investor kawakan yang telah mengarungi banyak sekali gelombang ekonomi, termasuk beberapa krisis besar yang melanda secara global.

Baginya, emas tentu memiliki fungsi yang benar-benar nyata dan terbukti sebagai aset yang melindungi (safe haven), sehingga dia tidak mungkin meninggalkan emas begitu saja.

Dan bagi generasi muda, Bitcoin adalah aset digital futuristik yang telah menunjukkan kinerja luar biasa dari awal kemunculannya. Ini lebih terlihat menarik dan menawarkan perlidungan serupa bagi milenial. [st]

spot_img

Terkini

Terkait