spot_img
spot_img

Ray Dalio Kian Yakin Dukung Bitcoin?

Ray Dalio kian yakin mendukung Bitcoin? itu pertanyaan paling besar dari publik terkait pernyataan lengkap Co-Chief Investment Officer & Co-Chairman Bridgewater Associates itu, pada pekan lalu.

Pernyataan Dalio itu diterbitkan di situs perusahaannya pada 28 Januari 2021 lalu, dan dilengkapi dengan kajian lengkap soal peluang dan tantang Bitcoin.

“Bagiku Bitcoin tampak seperti pilihan jangka panjang di masa depan yang sangat tidak diketahui, sehingga saya dapat menaruh sejumlah uang, sehingga saya tidak keberatan kehilangan sekitar 80 persen,” tulis Dalio di akhir pengantarnya. Kalimat itu digarisbawahi, sebagai bentuk penonjolan sikap.

Ray Dalio: Bitcoin Menarik Selain Emas

Pada tahun lalu Dalio menunjukkan sikap ragu-ragu terhadap Bitcoin, apakah perusahaannya ingin mendiversifikasi portofolio-nya di Bitcoin, mengikuti jejak perusahaan lainnya.

Di akhir catatan itu, mewakili suara perusahaan, bahwa secara keseluruhan, jelas bahwa Bitcoin memiliki fitur yang dapat menjadikannya sebagai store of value yang menarik. Itu juga telah terbukti tangguh sejauh ini.

“Namun, kami harus mengakui bahwa Bitcoin sebagai instrumen investasi baru satu dekade. Tantangan masa depan mungkin masih datang dari perkembangan komputasi kuantum, peraturan atau masalah yang bahkan belum bisa kami gambarkan,” sebut perusahaan.

Ray Dalio: Bitcoin Menarik Selain Emas
Pada Desember 2020, Ray Dalio, investor milyarder yang dikenal kurang menyukai Bitcoin, baru-baru ini bersikap lebih terbuka terhadap aset kripto nomor satu tersebut.

Dalam sesi ask me anything di Reddit, pendiri hedge fund Bridgewater Associates itu ditanya apakah Bitcoin adalah jawaban untuk ketidaksetaraan ekonomi yang disebabkan sistem moneter Amerika Serikat.

Si Kembar Winklevoss: Bitcoin Akan Kalahkan Emas, US$500 Ribu Per BTC

Alih-alih menjawab langsung pertanyaan itu, Dalio menyoroti langkah apa yang bisa dilakukan investor individu untuk melindungi keuangan mereka dan juga tetap mengikuti investor besar seperti dirinya. Caranya adalah membeli Bitcoin sedikit.

“Saya pikir Bitcoin dan aset digital lain, selama sepuluh tahun terakhir, telah menjadi aset alternatif yang mirip emas, dengan kesamaan dan perbedaan dengan emas dan alat simpan nilai lain yang pasokannya terbatas dan mobile, tidak seperti properti,” jelas Dalio.

Bitcoin bisa menjadi diversifikasi terhadap emas dan aset simpan nilai lain. Hal utama adalah menyimpan sejumlah aset jenis ini, dengan pasokan terbatas, mobile, dan alat simpan nilai, termasuk saham, dalam portofolio dan diversifikasi. Banyak orang tidak melakukannya, tambah Dalio.

Bulan lalu, Dalio berpendapat Bitcoin bukanlah alat simpan nilai baik karena sangat volatil dan bisa saja dilarang oleh pemerintah. Tetapi, ia juga mengakui ia mungkin tidak sepenuhnya memahami Bitcoin, sehingga ia menerima masukan tambahan.

Pendapat Dalio teranyar tersebut mengakui kegunaan Bitcoin sebagai perlindungan terhadap inflasi.

Miliuner AS, Ray Dalio: Pemerintah Bisa Saja Melarang Bitcoin

Kendati demikian, ia masih lebih mirip milyarder Steve Forbes yang pekan lalu berkata Bitcoin terlalu volatil untuk menjadi alat simpan nilai jangka panjang.

Pemred Forbes: Bitcoin Kelak Menjadi Store-of-Value Seperti Emas

“Terkait Bitcoin relatif terhadap emas, saya lebih suka menyimpan aset yang akan diinginkan bank sentral untuk disimpan dan ditransaksikan,” pungkas Dalio. [red]

spot_img

Terkini

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Terkait