Rekor Burn Shiba Inu 2023: 1,1 Milyar SHIB Sekali Transaksi

Rekor burn Shiba Inu 2023 terjadi pada hari Minggu (09/04/2023) lalu dengan satu transaksi sebesar 1,1 milyar token SHIB. Burn ini adalah rekor terbesar pada tahun 2023 dengan rata-rata burn rate mencapai 1,5 juta SHIB yang dimusnahkan per hari.

Terakhir kali token SHIB melampaui 1 milyar di-burn dan dibakar dari peredaran adalah pada bulan Januari 2023 ketika 1,124 milyar token dikirim ke alamat burn dalam kurun waktu satu bulan.

Bedanya, pembakaran kali ini sebesar 1,1 milyar token SHIB dilakukan dalam waktu satu hari melalui satu transaksi tunggal raksasa.

RekorĀ BurnĀ Shiba Inu (SHIB) 2023

Pemusnahan token dengan skala besar tersebut untuk ukuran satu hari terjadi menjelang peluncuran Shibarium versi mainnet.

SHIB memiliki suplai 589 triliun token beredar, dan Shibarium diharapkan menjadi penyelamat yang dapat mendongkrak burn sehingga mengurangi suplai tersebut.

Tim Shiba Inu mengumumkan setiap transaksi pada Shibarium akan turut melakukan burning token, dengan estimasi mencapai trilyunan token per tahun.

Bila solusi layer-2 Shibarium berhasil membakar token dalam jumlah besar, hal itu dapat menopang harga SHIB. Kendati demikian, skala burn yang akan terjadi belum diketahui sebab Shibarium masih berada di fase beta sehingga tidak mencerminkan kondisi riil.

Shibarium versi beta hanya memberikan pandangan sekilas tentang potensi jaringan beserta cara operasinya di masa depan ketika mainnet sudah meluncur.

Proses burn dapat menguatkan atau melemahkan harga SHIB dan menentukan nasib memecoin ini di pasar kripto. Bila burn terjadi dalam skala besar, hal itu dapat mengurangi suplai secara signifikan dan menjadikan token SHIB semakin langka.

Di sisi lain, bila pembakaran terjadi dalam jumlah kecil, SHIB berpotensi tidak mengalami penguatan harga dan mustahil mencapai target US$0,01 setara Rp149 yang menjadi impian para investor SHIB.

Agar harga SHIB dapat mencapai angka tersebut, diperkirakan perlu terjadi pemusnahan token mencapai jumlah ratusan trilyun SHIB, yakni mayoritas suplai yang beredar saat ini.

Watcher Guru melaporkan, SHIB diperdagangkan pada harga US$0,00001095, meningkat 0,7 persen dalam 24 jam terakhir. SHIB menduduki peringkat kripto terbesar ke-15 menurut CoinGecko. [ed]

Terkini

Warta Korporat

Terkait