Resmi, Cardano (ADA) Gandeng Wanchain untuk Perkuat Sistem Sidechain

Tim Harrison, Wakil Presiden Komunitas dan Ekosistem IOHK, menyampaikan bahwa IOHK, induk perusahaan Cardano, dan Wanchain bergandeng tangan untuk membangun interoperabilitas antara mainnet Cardano, sidechain Cardano dan jaringan blockchain lain.

Kedua tim IOHK dan Wanchain akan bekerjasama membangun jembatan cross-chain direksional yang menghubungkan Cardano ke blockchain Layer 1 lainnya. Dalam skema tersebut, Wanchain menjadi sidechain yang kompatibel dengan Ethereum Virtual Machine (EVM) bagi Cardano.

Node jembatan Wanchain akan diperbarui untuk mendukung jaringan Wanchain dan Cardano, sehingga jembatan cross-chain dan transaksi Cardano diperkuat.

Saat ini, jembatan Wanchain menghubungkan lebih dari 15 jaringan Layer 1 dan Layer 2. Penambahan Cardano kepada jaringan blockchain luas tersebut menghubungkan Cardano ke ekosistem keuangan desentralistik (DeFi) dan Web3 lain.

IKLAN

Hal itu memperluas potensi kegunaan bagi aset Cardano (ADA) di blockchain lain. Aset kripto lain seperti Bitcoin (BTC), Ether (ETH), Polkadot (DOT), Wanchain (WAN), Ripple (XRP) pun berpotensi dipakai di ekosistem aplikasi desentralistik (dApp) Cardano.

Situs analisa industri aset digital Crypto Head mengungkap, BTC, ETH, XRP, dan ADA dapat mencapai nilai US$1 triliun bila terus bertumbuh sesuai dengan rata-rata laju tahunan.

Dalam beberapa bulan terakhir, Cardano mencapai sejumlah tonggak pencapaian dalam hal interoperabilitas. Cardano juga mengumumkan sejumlah kemitraan dan integrasi baru.

U.Today melaporkan, jembatan konversi AGIX ERC-20, yang dikembangkan dalam kemitraan bersama SingularityNET, belum lama ini diluncurkan.

Jembatan tersebut membantu pengguna mentransfer token ERC-20 berbasis Ethereum ke jaringan Cardano. Sektor DeFi diduga akan menuai manfaat paling besar dari teknologi ini.

Pada bulan Maret lalu, Yayasan Milkomeda mengumumkan peluncuran C1, sidechain kompatibel EVM yang terhubung secara langsung dengan Cardano. Berkat C1, dApp berbasis Ethereum dapat berfungsi di jaringan Cardano melalui teknologi wrapped smart contract.

Divisi komersial Cardano, EMURGO, bermitra dengan Blockpass untuk menerapkan on-chain KYC di bidang ketaatan hukum. Alamat kripto Cardano dapat ditambahkan ke aplikasi Blockpass dan mendapat layanan KYC bagi proyek ekosistem Cardano.

Metaverse Pavia pada Cardano sudah menerima lebih dari 8.300 pemilik tanah virtual. Jumlah ini merupakan hasil penjualan awal, dan hingga saat ini sudah terjual 60 ribu unit.

Demi menambah kesuksesan Cardano, pendiri Cardano Charles Hoskinson mengajak pemilik Twitter Elon Musk untuk membuat media sosial tetapi menggunakan blockchain Cardano, alias menjadi decentralized social media. [ed]

spot_img
spot_img

Terkini

Warta Korporat

Terkait