Resmi! Merge Ethereum akan Digelar 6 September 2022

Pengembang Ethereum telah resmi mengumumkan jadwal pembaruan merge, yang akan digelar pada tanggal 6 September 2022.

Pembaruan merge Ethereum ini telah lama dinantikan, karena dianggap akan dapat membawa dorongan besar bagi jaringan, dengan beralih konsensus ke proof-of-stake (PoS).

Ini juga sekaligus menghilangkan emisi karbon yang biasa dihasilkan dari penambangan proof-of-work, sehingga akan menjadi jaringan yang ramah lingkungan.

Skalabilitas juga menjadi sisi yang mengalami peningkatan dari pembaruan merge, membuat jaringan menjadi lebih berdaya saing di antara jaringan utama lain seperti Solana, Cardano dan Avalanche.

IKLAN

Jadwal Resmi Merge Ethereum 

Berdasarkan laporan the Block, tanggal 6 September 2022 telah menjadi tanggal resmi digelarnya merge Ethereum. Menjadi jawaban bagi banyak pendukung yang menantikan jadwal resmi dari pembaruan tersebut.

Nantinya, merge akan dibagi menjadi dua peningkatan, Bellatrix dan Paris.

Pada tanggal tersebut, peningkatan yang digelar adalah peningkatan Bellatrix. Sementara itu, peningkatan Paris akan digelar antara tanggal 10 dan 20 September.

Merge Ethereum

“Setelah bekerja keras beberapa tahun, peningkatan proof-of-stake Ethereum akhirnya ada di sini! Peningkatan yang sukses dari semua testnet publik kini telah selesai, dan Merge telah dijadwalkan untuk mainnet Ethereum,” ungkap Ethereum Foundation.

Dalam postingan resmi Ethereum Foundation, para klien dan pengembang telah diminta untuk mengunduh peningkatan yang diperlukan, sebelum peningkatan Bellatrix digelar.

Untuk pembaruan Paris, sebenarnya itu telah ditargetkan digelar pada tanggal 15 September 2022. Tetapi, jadwal masih dapat berubah karena waktu pemblokiran dan fluktuasi hash rate.

Sekadar informasi, konsensus proof-of-stake akan membawa cara baru dalam memvalidasi jaringan Ethereum, yaitu dengan mengunci sejumlah koin ETH sebagai bukti kepercayaan pada jaringan.

Dan penambangan, tidak akan lagi dilakukan untuk mencetak koin ETH baru, tetapi ini tetap memiliki pendukungnya sendiri dan berharap tetap berjalan terpisah.

Sementara itu, salah satu pesaing Ethereum, Cardano, telah mencoba pulih dari masalah yang melanda jaringan, yang diwaspadai menghambat proses hard fork Vasil.

Beberapa hari lalu, harga koin Cardano, ADA, telah jatuh 14 persen karena masalah tersebut. Tetapi, dalam jangka panjang beberapa pengamat masih melihat potensi pertumbuhan dari Cardano karena kehebatan jaringannya. [st]

 

 

spot_img
spot_img

Terkini

Warta Korporat

Terkait