Ripple Labs Kian Jelas Masuk Bisnis NFT, Ini Basisnya

Ripple berencana memperkuat dukungan bagi NFT di ledger XRP. Tim RippleX yang menangani pengembangan XRP mengajukan proposal bagi standar NFT baru di tahap NFT-Devnet.

Menurut tim Ripple, proposal tersebut akan disertakan dalam rilis software mendatang. NFT Devnet yang dirilis pada bulan Januari silam adalah platform pengembangan bagi NFT.

Platform yang berada dalam tahap beta tersebut membantu pengembang dan pencipta karya mengujicoba proyek NFT sebelum dirilis di mainnet.

Dengan proposal pembaruan, Ripple berharap dapat memberikan peralatan untuk mendorong inovasi dari pengembang dan komunitas XRP.

Dilansir dari Zy Crypto, tim RippleX menulis, “Tim RippleX mengajukan standar NFT untuk diikutsertakan dalam rilis software mendatang dengan harapan kapabilitas NFT baru akan terus menginspirasi terobosan-terobosan.”

Dengan kapabilitas baru itu, kemampuan tokenisasi tambahan dapat ditemukan.

Ripple membangun masa depan dimana NFT berkembang lebih dari sekedar kolektibel menjadi alat dengan kegunaan nyata. Sejumlah area yang dijajaki untuk penerapan NFT termasuk media hiburan, kredit karbon dan properti.

Sementara itu, usaha promosi Ripple bagi ledger XRP sudah menarik banyak perhatian. Ripple bekerjasama dengan sejumlah mitra yang ingin memanfaatkan teknologi NFT Ripple.

Ripple bermitra dengan tiga marketplace NFT baru, yaitu Geer It, Ethernity Chain dan onXRP. Selain itu, Ripple juga mengumumkan peserta gelombang pertama bagi “Creator Fund” Ripple senilai US$250 juta.

Diumumkan belum lama ini, “Creator Fund” yang diluncurkan Ripple merupakan gerakan terbaru oleh usaha asal San Fransisco, AS tersebut. Tujuannya adalah mengembangkan kegunaan baru bagi tokenisasi aset untuk pencipta konten dan pengembang.

Sejak peluncuran dana tersebut pada bulan September 2021, Ripple telah menerima hampir 4.000 permohonan aplikasi. Aplikasi yang diajukan mencakup proyek NFT dengan beragam kegunaan, di antaranya metaverse, musik dan hiburan, kolektibel seni dan lainnya.

Kendati Ripple terus berinovasi, harga XRP tertekan oleh pertarungan legal dengan SEC AS. Peristiwa terbaru membuat pelaku pasar menduga XRP akan mengalami ledakan harga bila permasalahan legal itu selesai dengan Ripple sebagai pemenang.

Saat ini, XRP berada pada harga US$0,76, naik 0,7 persen dalam kurun waktu 30 hari terakhir menurut data CoinGecko. [ed]

spot_img

Terkini

Terkait