Ripple Labs Yakin Akan Menangkan Kasus “Sekuritas Ilegal” Melawan SEC di AS

CEO Ripple Brad Garlinghouse yakin bisa memenangkan kasus melawan Komisi Bursa dan Sekuritas (SEC) AS. Berbicara di acara Paris Blockchain Week, Garlinghouse berkata kepada audiens bahwa tim pengacara pembela mereka jauh lebih baik yang ia perkirakan.

Ia menambahkan, kemenangan dalam kasus tuntutan hukum XRP akan menjadi preseden baik bagi aset dan bursa kripto yang menjadi korban regulasi tidak bersahabat yang dikenakan oleh SEC.

Perseteruan Ripple Labs dan SEC 

Kasus yang dimulai 15 bulan lalu tersebut menuduh Ripple Labs, Garlinghouse dan pemimpin perusahaan Chris Larsen terlibat aktivitas ilegal setelah menjual sekuritas tidak terdaftar senilai US$1,3 milyar.

SEC menerapkan Tes Howey yang didapatkan dari keputusan Mahkamah Agung AS. Kasus Howey tersebut memberikan kejelasan apa yang terhitung sebagai kontrak investasi dan yang digolongkan sebagai sekuritas.

Menurut SEC, koin XRP dijual tanpa mendaftar terlebih dulu dengan regulator. Di sisi lain, Garlinghouse dan Ripple Labs berargumen bahwa XRP beroperasi sebagai uang virtual seperti Ethereum (ETH) dan Bitcoin (BTC) yang tidak digolongkan dan dikenali sebagai sekuritas.

Tim pengacara pembela menambahkan, XRP harus digolongkan sebagai uang virtual dan bukan kontrak investasi.

Garlinghouse turut berkata bila mereka kalah dalam kasus ini, maka kekalahan tersebut akan menjadi preseden buruk bagi industri kripto.

“Kasus ini penting, bukan hanya bagi Ripple. Penting untuk keseluruhan industri kripto di AS. Akan menjadi negatif bagi kripto di AS,” sebut Garlinghouse, dikutip dari ZyCrypto.

Bila SEC menang, bursa kripto yang memperdagangkan XRP harus mendaftar dengan SEC sebagai broker sekuritas. Hal ini berarti semua investor XRP akan wajib mendaftar dan memberikan identitas kepada SEC.

Pekan lalu, Ripple mengalami kemajuan perihal masalah esensial dalam persidangan.

Permintaan SEC untuk pertimbangan ulang deliberative process privilege (DPP) ditolak oleh hakim federal. Peraturan pengadilan itu dipandang sebagai kemenangan besar bagi Ripple dalam perjuangan panjang melawan sang regulator.

Rantai kemenangan yang dialami Ripple membuat perusahaan itu terangkat dan yakin akan menang dalam kasus utama. Kemenangan bagi Ripple akan menjadi berita baik bagi proyek kripto yang saat ini menghadapi ketidakjelasan regulasi. [ed]

spot_img

Terkini

Terkait