Robert Kiyosaki Ramalkan Kejatuhan Dolar, Sarankan Beli Bitcoin

Pebisnis dan penulis buku keuangan “Rich Dad Poor Dad,” Robert Kiyosaki, kembali memberi ramalan soal kejatuhan dolar. Ia sekaligus menyarankan investor untuk membeli Bitcoin (BTC).

Finbold melansir, pada Senin (28/03/2022), Kiyosaki mencuit bahwa hutang nasional AS menembus langit. Akibatnya, dolar akan segera ambruk.

Kiyosaki berkata Presiden Joe Biden yang bertanggungjawab atas inflasi. Ia menghimbau investor untuk menimbun emas, perak, BTC, Ether (ETH) dan Solana (SOL) sebagai persiapan menghadapi pecahnya perang dunia ketiga.

Pada bulan Januari, Kiyosaki berkata akan membeli Bitcoin, walaupun kelak harganya terus tertekan hingga US$20 ribu.

Menurutnya, lebih baik membeli Bitcoin sebanyak mungkin sekarang, sebab dolar mulai mati. Seiring runtuhnya dolar, yang penting adalah seberapa banyak emas, perak dan Bitcoin yang dimiliki investor.

Kiyosaki berpendapat krisis keuangan akan menimpa sejumlah bank-bank besar, terkait dampak resesi. Oleh sebab itu, katanya masyarakat sangat disarankan mengakumulasi lebih lagi terhadap emas dan BTC.

Ini bukan kali pertama Kiyosaki mengatakan itu, hal senada pernah disampaikan berkali-kali. Ia menegaskan, dunia saat ini hidup di dalam gelembung terbesar sepanjang sejarah dan depresi hebat akan datang seiring inflasi bertambah cepat.

Kendati ia menyarankan kripto, Kiyosaki mengingatkan pemerintah dapat menyita semua aset kripto dengan meluncurkan aset kripto dari Federal Reserve.

Penulis buku itu menjelaskan struktur kripto yang desentralistik adalah pertemuan antara teknologi dan makroekonomi.

“Pemerintah ingin memusatkan semua hal. Saya mendukung Bitcoin dan blockchain sebab desentralistik. Kripto adalah uang rakyat, emas dan perak adalah uang Tuhan,” jelas Kiyosaki.

Pebisnis tersebut menambahkan, konflik Rusia-Ukraina menyebabkan kripto muncul sebagai aset safe haven. Nilai BTC menguat 35 persen sejak Ukrain diserang.

Banyak pengamat pasar mengamati performa BTC sebagai aset safe haven. Baru-baru ini, BTC mencapai harga tertinggi selama tiga bulan terakhir dan menutup kerugian tahun 2022.

Di saat yang sama, kapitalisasi pasar ETH bertambah sebesar US$30 milyar. Sementara SOL melambung 37 persen dalam kurun waktu tujuh hari terakhir dan mencapai harga US$120.68 menurut data CoinGecko. [ed]

spot_img

Terkini

Terkait