Robinhood Akhirnya Perdagangkan Shiba Inu (SHIB), Ada Kripto Lain?

Platform perdagangan fintech Robinhood menambahkan empat aset kripto baru pagi ini, termasuk Shiba Inu (SHIB), sehingga ada total 11 aset kripto yang dapat diperdagangkan pada platform tersebut.

Kripto baru yang ditambahkan adalah pesaing Ethereum, Solana (SOL), memecoin bertema hewan Shiba Inu (SHIB), teknologi skalabilitas Ethereum Polygon (MATIC) dan token DeFi original Compound (COMP).

Forbes.com melaporkan, SHIB melambung hampir 25 persen satu jam setelah berita itu terbit sementara aset kripto yang lain turut meningkat tetapi di bawah 10 persen. SHIB menjadi pemenang terbesar dari pengumuman Robinhood tersebut.

Kendati demikian, setiap token tersebut terjerembab di tahun 2020. SHIB berada di depan dengan penurunan hanya 17 persen tahun ini.

COMP, SOL dan MATIC masing-masing turun sekitar 40 persen. Sebagai perbandingan, Bitcoin (BTC) hanya turun 15 persen tahun ini dan bahkan sempat break even pekan lalu sebelum kembali longsor.

Sejak Robinhood mulai menawarkan perdagangan kripto pada tahun 2018, pelanggan meminta kesempatan untuk memperdagangkan lebih banyak token.

Utamanya, SHIB menjadi pusat perhatian investor sebab dipandang sebagai token pelengkap bagi Dogecoin (DOGE). DOGE menjadi aset paling banyak diperdagangkan di Robinhood ketika ditambahkan pada musim panas tahun 2018.

Tetapi, Robinhood menghindari menambahkan SHIB sebelumnya akibat kekhawatiran soal volatilitas tinggi sekalipun bagi sebuah aset kripto.

Berbicara pada acara konferensi Bitcoin 2022 hari Kamis lalu di Miami, AS, Kepala Produk Robinhood Aparna Chennapragada menyatakan BTC merupakan aset paling banyak dibeli tahun ini, disusul oleh ETH pada posisi ketiga dan DOGE pada posisi keenam.

Pada penghujung konferensi tersebut, Robinhood mengumumkan rencana untuk menambahkan Lightning Network kepada platformnya demi memfasilitasi transaksi BTC lebih cepat.

Sebelumnya, Robinhood berkata akan mengembangkan dompet dimana pengguna dapat mendeposit dan menarik aset kripto. Versi beta dompet ini meluncur pada Januari dan mencakup transfer BTC, ETH serta DOGE.

Kendati 11 aset yang ditawarkan Robinhood lebih banyak dibanding empat aset PayPal, yakni BTC, ETH, Litecoin (LTC) dan Bitcoin Cash (BCH) dan dibanding Block Cash yang hanya menawarkan BTC, bursa kripto besar seperti Coinbase, Kraken, Binance dan FTX memiliki ratusan bahkan ribuan pasangan perdagangan aset kripto. [ed]

spot_img

Terkini

Terkait