Roger Ver Ingin Bitcoin.Com Punya Bursa Kripto Sendiri

77

CEO Bitcoin.com, Roger Ver mengatakan kepada Bloomberg, Selasa (9/10), ia berencana membeli atau membuat bursa kripto sendiri. Menurut Ver, bursa kripto akan ditempatkan di situs Bitcoin.com. Lalu lintas pengunjung yang diharapkan berjumlah tinggi akan datang dari beragam layanan seperti transaksi wallet dan berita. Ver berkata, bursa itu diperkirakan akan mendapat ribuan hingga puluhan ribuan pengguna baru setiap hari melalui Bitcoin.com.

IKLAN

“Kalau kami membangunnya sendiri, kami bisa melakukannya dengan biaya sangat murah, serta mendapatkan persis apa yang kami mau. Tetapi, kami harus akui kami tidak mempunyai tingkat keamanan bursa yang sudah teruji seperti bursa-bursa yang sudah ada,” kata Ver.

Investor dini Bitcoin dan penyokong Bitcoin Cash tersebut juga mengungkapkan, bursa kripto itu akan menjadikan Bitcoin Cash sebagai patokan dasar, sehingga bisa mendorong adopsi dengan kapitalisasi pasar terbesar keempat itu. Baru-baru ini tersebar kabar ada kemungkinan Bitcoin Cash akan mengalami forking, sehingga memisahkan komunitas penggunanya.

Ver telah berulang kali mengatakan bahwa BCH lebih sesuai dengan niat awal Satoshi Nakamoto, dan merupakan uang kripto yang lebih bagus dibanding Bitcoin. Ver mencuit, “Bitcoin Cash adalah Bitcoin yang dideskripsikan oleh Satoshi Nakamoto, peer to peer electronic cash bagi dunia. Bitcoin adalah suatu hal lain yang dijalankan oleh sekelompok orang yang tidak tahu apa-apa tentang ekonomi.”

Cointelegraph melaporkan, mantan eksekutif Wall Street Michael Novogratz berpendapat bahwa BTC adalah Bitcoin sejati. Bitcoin adalah alat simpan nilai dan emas digital, serta kapitalisasi pasarnya jauh melebih nilai kapitalisasi pasar Bitcoin Cash.

Berbicara di Delta Summit Malta pada 5 Oktober, Ver mengklaim Bitcoin sebagai uang kripto paling dominan sudah tidak bisa lagi digunakan sebagai uang. Kendati demikian, ia menekankan uang digital adalah satu-satunya alat yang dapat menghadirkan kebebasan ekonomi bagi dunia. Ver berkata ia tidak akan pernah berhenti sampai uang kripto mencapai tujuan tersebut.

Pada Mei 2018, Bitcoin.com dicabut dari situs pelacakan pasar kripto CoinMarketCap, menyusul tuduhan Bitcoin.com menyesatkan para pelanggannya membeli Bitcoin Cash dan bukan Bitcoin. Pada bulan April, sekelompok pengguna pro-BTC menggalang dana untuk mengajukan tuntutan hukum yang menuduh Bitcoin.com secara sengaja menipu penggunanya agar membeli BCH. Tetapi belakangan inisiator gerakan tersebut mengumumkan mereka tidak berhasil mengumpulkan dana yang cukup untuk mengajukan tuntutan, dan semua dana dikembalikan ke para donatur.

Setelah laporan tentang penurunan drastis adopsi BCH untuk pembayaran global, serta beberapa prediksi pesimis tentang harga BCH, tim Bitcoin Cash melakukan uji stres. Menurut uji tersebut, 2,1 juta transaksi pada jaringan Bitcoin Cash tidak menyebabkan biaya transaksi melonjak. Uji stres yang dilakukan komunitas itu bertujuan mendemonstrasikan kapasitas dan skalabilitas Bitcoin Cash. [ed]

Ikuti media sosial kami

Ingin Beriklan? Klik di Sini