Rp1,4 Triliun Bitcoin MtGox Terpantau “Bergerak” Setelah 9 Tahun

5.000 Bitcoin (BTC) yang diduga terkait dengan kasus MtGox telah bergerak, setelah tertidur selama sembilan tahun.

Kasus MtGox adalah kasus peretasan bursa kripto terbesar yang terjadi di tahun 2011, kehilangan 25.000 BTC dari 478 akun pengguna, dan membawa dorongan jual hebat di pasar kripto.

Saat ini, pemulihan BTC yang dicuri untuk para korban sedang dalam proses, tetapi belum begitu jelas rincian dan waktu pembagiannya.

5.000 Bitcoin MTGox Bangun dari Tidur Panjang 

Berdasarkan laporan Bitcoin News, dompet yang telah tidur panjang selama sembilan tahun, yang dibuat pada tanggal 19 Desember 2013, akhirnya terbangun dan telah memindahkan BTC dalam jumlah banyak.

IKLAN

Setelah sebelumnya ada 10.005 BTC yang bergerak dari dompet tidur di usia yang sama, kali ini sebuah dompet tua telah mengirimkan 5.000 BTC pada hari Minggu (4/9/2022), yang diduga masih terkait dengan kasus pencurian Bitcoin MtGox.

Namun, menurut Kolumnis dari Coindesk, Jocelyn Yang, Bitcoin yang berasal dari tahun 2013 bisa saja tidak terkait dengan MtGox, tetapi dengan dompet dingin lama milik bursa kripto Kraken, kesepakatan OTC Kraken atau penggunanya.

Selain itu, peneliti dari Ergobtc juga mengamati pergerakan BTC dalam jumlah besar tersebut. Peneliti ini menilai bahwa BTC dalam jumlah besar tersebut kemungkinan berasal dari MtGox atau Pendirinya, Jeb McCaleb.

“Dengan mengacu pada karya pengguna OXT yang berpengetahuan luas, bitcoin.com [adalah] lebih dekat dengan sasaran daripada Coindesk… Meskipun ada deposit Kraken, koin-koin ini tidak berasal dari Kraken. Namun mereka berasal dari Mt Gox dan mungkin dikendalikan oleh Jeb McCaleb,” ungkap laporan Ergobtc.

IKLAN

OXT dari Ergobtc mengklaim mampu melacak sumber koin BTC tersebut melalui anotasi pengguna yang mengarah ke cluster besar.

Cluster tersebut tertaut dengan postingan blog dari @wizsecurity, yang mengamati saga dari MtGox dan merujuk pada dompet kripto milik McCaleb.

“Dibuktikan dengan pemisahan denominasi tanda dengan pemisahan sekunder hingga 10 BTC. Perpecahan dihabiskan bersama dengan alamat berkerumun Coinbase. Koin-koin ini bersumber dari saga MtGox, yang kemungkinan dikendalikan oleh Jeb McCaleb. Dua transaksi untuk 5ribu BTC dikirim ke Kraken dan Coinbase,” ungkap Peneliti.

Pada akhirnya, saat ini asal dari koin-koin tersebut masih belum dapat dikonfirmasi dengan tepat, sehingga pengamat membutuhkan konfirmasi langsung dari McCaleb atas rumor dan hasil penelitian yang telah beredar. [st]

IKLAN

 

 

 

spot_img

Terkini

Warta Korporat

Terkait