NFT gila! Berbentuk rumah virtual gaya planet Mars, karya seniman Krista Kim laku terjual US$500 ribu atau setara dengan Rp7 milyar pada 17 Maret 2021 lalu.

Berjudul “Mars House” NFT itu dilelang di toko daring SuperRare. Karya Kim itu pun diklaim perusahaan lelang itu sebagai rumah digital NFT pertama di dunia.

“Model baru investasi modal sosial melalui pembelian seni NFT ini adalah salah satu yang saya harap bisa menjadi model untuk diikuti orang lain,” kata Kim dilansir dari USA Today, Kamis (25/3/2021).

 

“Harga fantastis seperti itu hanya bisa ada di pasar seni NFT, karena perantara pasar seni tradisional mengambil 50 persen keuntungan dari penjualan seni dan itu membatasi kemampuan seniman untuk membuat proyek untuk komunitas,” ujarnya lagi.

BERITA TERKAIT  Ada Mark Cuban di Medsos NFT Ini

Dengan fungsi NFT itu, maka sertifikat keaslian aset digital (NFT Mars House) mensahkan bahwa benda virtual memang asli dan dibuat oleh si senimannya. Data itu tersimpan secara kekal di blockchain.

Sekadar membandingkan, harga rumah fisik di Amerika Serikat saja, berkisar US$346.800, melansir data Federal Reserve Bank St.Louis.

Bukti transaksi pembelian Mars House. Sumber: Etherscan via SuperRare.

Konsep Rumah Mars Krista Kim itu pun menegaskan perpaduan antara seni dan teknologi yang dikenal sebagai gerakan techism.

Menurut Kim, hasil penjualan akan sepenuhnya didonasikan ke Continuum Foundation untuk program kesehatan mental dan lain sebagainya.

NFT kian meledak baru-baru, pasca seni digital karya Beeple laku US$69,4 juta lewat rumah lelang Christie.

BERITA TERKAIT  Lelang NFT Karya Pelukis Yahudi, Dimulai dari Rp171 Juta

Yang terbaru dan menyita perhatian adalah, cuitan pertama pendiri Twitter, laku lebih dari US$2,9 juta. [bar]

Protected with blockchain timestamps

Ikuti media sosial kami

INFO IKLAN/AD INFO