Kanal berita El Faro melansir, pemerintah El Salvador tengah mengembangkan stablecoin yang dijamin dengan dolar AS. Ada yang menilai itu tak benar. Kalau terwujud, ada kritik dari komunitas.

Berita tersebut mengklaim Presiden Nayib Bukele dan rezimnya berencana menerbitkan stablecoin.

El Faro merujuk pada video yang memperlihatkan saudara sang presiden membahas stablecoin yang dinamakan Colon-Dollar.

Dikabarkan, juru bicara kabinet Bukele mengatakan rencana stablecoin tersebut telah dibatalkan, tetapi sumber lain mengatakan hal sebaliknya.

Pertemuan soal Colon-Dollar dikabarkan masih berlangsung dan terjadi setelah Presiden Bukele mensahkan hukum Bitcoin sebagai mata uang.

“El Faro memiliki salinan sejumlah video pertemuan virtual selama dua jam di mana terjadi negosiasi dengan delegasi dari setidaknya lima perusahaan teknologi dengan para Bukele bersaudara,” tulis jurnalis Sergio Arauz, Nelson Rauda dan Roman Gressier.

Mereka menambahkan, El Faro memperoleh dokumen yang menyatakan rencana perusahaan asing memanfaatkan penerapan sistem keuangan baru dan mata uang baru telah didaftar.

Menanggapi komentar bahwa stablecoin El Salvador mirip dengan proyek kripto Petro Venezuela, pemilik akun Twitter yang terkait komunitas Bitcoin Beach di Playa El Zonte meyakini ide stablecoin tersebut telah dibatalkan.

Akun Bitcoin Beach mencuit, “Setahu saya mereka sebelumnya mempertimbangkan opsi ini tetapi kemudian memilih Bitcoin. Saya dengar stablecoin bukan lagi pertimbangan, pemerintah El Salvador melepas kendali dan merangkul protokol terbuka.”

Kendati demikian, pernyataan Bitcoin Beach dibantah oleh individu lain yang meyakini hal sebaliknya.

Pihak ini mengklaim sejumlah koresponden El Salvador membenarkan kabar El Faro, tetapi akurasinya dipertanyakan.

Sumber El Faro mengatakan stablecoin Colon-Dollar dapat diresmikan pada akhir tahun 2021.

Jurnalis lain, Frances Coppola memprakirakan penciptaan stablecoin Salvador melalui cuitan pada 9 Juni 2021.

Ia menyebut Presiden Bukele akan menerbitkan stablecoin, tetapi tidak dijamin dengan dolar AS asli melainkan stablecoin lain yang setara dengan dolar AS.

Sumber El Faro mengklaim penciptaan stablecoin masih akan dilanjutkan. Saudara Bukele bertanggungjawab atas konsep itu dan Colon-Dollar akan terpadu dengan dompet digital besutan pemerintah bernama Chivo.

Selain rapat virtual, sumber tersebut juga menyatakan anggota rezim Bukele telah bertemu dengan tim blockchain dari Whizgrid, Algorand dan Cardano.

Kendati demikian, ide rezim Bukele menerbitkan stablecoin tidak didukung oleh komunitas Bitcoin [news.bitcoin.com/ed]

Protected with blockchain timestamps

Ikuti media sosial kami

INFO IKLAN/AD INFO