Rusia Blokir Bursa Bitcoin Cs LocalBitcoins, Berjenis Peer-to-Peer

1626

Rusia akhirnya memblokir situs bursa Bitcoin Cs LocalBitcoins yang berjenis peer-to-peer, sehingga tidak bisa diakses dari wilayah Rusia. Sebagai solusi, trader akhirnya menggunakan VPN.

Rusia merupakan salah satu pasar Bitcoin terpenting di dunia, tetapi pemerintah Rusia tampaknya ingin memblokir transaksi blockchain.

Regulator layanan telekomunikasi Rusia, Roskomnadzor belum lama ini memutuskan memblokir akses ke portal ternama, LocalBitcoins di negara tersebut yang merupakan sumber lalu lintas besar bagi bursa peer-to-peer itu.

Saat mencoba mengakses localbitcoins.net, situs alternatif localbitcoins.com yang fokus melayani pengguna di Rusia, terlihat sebuah halaman kosong akibat telah disensor oleh regulator.

Untuk mengakses portal tersebut, pengguna Rusia harus memakai VPN, yang sekaligus yang menyamarkan IP address mereka.

BERITA TERKAIT  Menyoal Krisis Identitas Bitcoin, Sebagai Komoditas Dia Pantas?

Sejauh ini, trader aset kripto di Rusia tampaknya tetap aktif di LocalBitcoins, dan iklan di situs tersebut tidak berhenti.

Hal ini mengindikasikan trader memang sudah siap atas tindakan sensor itu, atau sudah terbiasa untuk situs yang lain yang bernasib serupa.

Sebelumnya, LocalBitcoins telah diblokir Roskomnadzor empat tahun lalu. Bulan lalu, Binance mengumumkan situs mereka juga diblokir di Rusia. Bahkan awal bulan ini, tidak bisa diakses di Indonesia. Kendati demikian, Binance tidak lagi berada di daftar blacklist pemerintah Rusia.

Pemerintah Rusia menunjukkan niat tersebut awal musim panas ini, di mana pemerintah membatasi akses terhadap LocalBitcoins pada 21 Juli 2020 atas dalih situs tersebut dapat dipakai untuk menyebarkan informasi ilegal ke kepada khalayak umum.

Langkah tersebut menyusul perbaikan peraturam aset kripto Rusia. Kendati memiliki Bitcoin dan aset kripto lain adalah legal di negara itu, aset kripto kini tidak bisa dipakai untuk pembayaran, serupa dengan kebijakan oleh sejumlah negara lain.

BERITA TERKAIT  Bitcoin sebagai Emas Digital

Kendati pemerintah Rusia memiliki “hubungan rumit” dengan aset kripto seperti Bitcoin, warga Rusia meggemari aset kripto.

Warga di negara itu membentuk 20 persen total operasional LocalBitcoins dan menduduki peringkat pertama untuk volume perdagangan kripto di pasar peer-to-peer.

Sementara itu, LocalBitcoins belum memberikan pernyataan resmi untuk menanggapi berita ini. [decrypt.co/ed]

Ikuti media sosial kami

INFO IKLAN/AD INFO