Sah! Diem Diam-diam Jual Aset kepada Bank Silvergate

Bank kripto Silvergate telah mengakuisisi hak kekayaan intelektual dan jaringan pembayaran Diem. Asosiasi Diem berkata pihaknya terdesak untuk menjual aset dikarenakan tekanan regulator.

Proyek aset kripto yang diprakarsai pendiri Facebook Mark Zuckerberg menerima pukulan keras dari Kongres AS dan kini mengaku kalah. Asosiasi Diem telah menjual kekayaan intelektual dan aset terkait jaringan pembayaran ke Silvergate Capital.

Usaha Diem, yang dimulai oleh Facebook yang kini berubah nama menjadi Meta, merupakan cara untuk menjadikan pembayaran dan transfer uang lebih murah dan cepat.

CEO Diem, Stuart Levey berkata proyek Diem fokus kepada penerapan manfaat teknologi blockchain untuk merancangan sistem pembayaran yang lebih baik dan lebih inklusif.

Kendati demikian, Diem gagal lepas landas akibat ancaman serta perlawanan dari regulator federal. Dengan kesepakatan itu, Asosiasi Diem berkata akan membubarkan diri.

Levey menjelaskan, “Kami secara aktif mencari masukan dari pemerintah dan regulator di seluruh dunia, dan Diem berkembang sebagai hasil usaha tersebut.”

Di AS, seorang regulator senior memberitahu Levey bahwa Diem merupakan proyek stablecoin dengan rancangan terbaik yang pernah dilihat oleh pemerintah AS.

Kendati menerima masukan positif, Levey menyadari proyek Diem tidak bisa maju dikarenakan dialog yang sulit dengan regulator federal. Sebab itu, ia memutuskan untuk menjual aset Diem kepada Silvergate.

Kanal berita Bloomberg melaporkan Diem sebelumnya mempertimbangkan penjualan aset sebagai cara memulihkan modal bagi para anggota investor. Di kemudian hari, Silvergate dikonfirmasi setuju membeli aset Diem sebagai dengan nilai US$200 juta.

Diem tidak memberikan rincian ketentuan dalam perjanjian tersebut.

Gerakan kripto yang awalnya dikenal dengan nama Libra tersebut melakukan debut di tahun 2019. Libra berencana memakai aset kripto stabil, yakni stablecoin, demi merevolusi layanan keuangan global seperti remitansi.

Libra awalnya memiliki sejumlah mitra, tetapi banyak di antara mereka mengundurkan diri setelah pemeriksaan regulasi dan politik terhadap Libra melanda.

Proyek itu kemudian mengubah nama menjadi Diem, dan ambisinya diturunkan. Pendiri Diem, David Marcus, mengundurkan diri dari Meta tahun lalu.

Asosiasi Diem mendapat kesepakatan dengan Silvergate untuk menerbitkan Diem, tetapi sikap keras dari Federal Reserve memberikan pukulan telak bagi rencana tersebut. [bloomberg.com/ed]

spot_img

Terkini

Terkait