Sah! Elon Musk Ambil Alih Twitter, Dogecoin (DOGE) Pimpin Pasar Kripto, US$0,1552

Akhirya Elon Musk resmi mengambil alih perusahaan Twitter senilai US$44 miliar, Dogecoin (DOGE) pimpin pasar kripto di 100 besar versi Coinmarketcap.com. Harga Bitcoin juga turut terdongkrak, menyusul ApeCoin (APE) masih menunjukkan tajinya kendati Instagram NFT BAYC diretas.

Twitter telah menerima tawaran Elon Musk untuk mengakuisisi semua saham biasa perusahaan seharga US$54,20 per saham, 6 jam lalu, Senin (25/4/2022) waktu setempat atau dini hari WIB.

Twitter telah menerima tawaran Musk untuk membeli saham perusahaan dengan harga $54,20 per unit dalam transaksi senilai sekitar $44 miliar. Musk sekarang memiliki 100 persen saham di perusahaan.

CEO Tesla dan SpaceX itu telah mengindikasikan bahwa dia ingin memperjuangkan kebebasan berbicara dan menurutnya Twitter memiliki potensi besar.

Elon musk twitter dogecoin

Elon Musk, orang terkaya di dunia dengan kekayaan bersih diperkirakan $270 miliar, telah menjadi pemegang saham tunggal Twitter.

Elon musk twitter dogecoin

Raksasa media sosial itu mengkonfirmasi pada hari Senin waktu setempat di Amerika Serikat, bahwa mereka telah menerima tawaran Musk untuk membeli saham perusahaan itu dengan harga US$54,20 per lembar saham dan menjadikan perusahaan itu menjai perusahana privat.

Menurut siaran pers, transaksi tersebut bernilai sekitar US$44 miliar. Musk menawarkan untuk membeli perusahaan dengan harga premium pada penilaian pasarnya awal bulan ini, menjelaskan bahwa dia ingin membuka “potensi luar biasa” Twitter.

Perkembangan itu terjadi beberapa hari setelah diketahui bahwa Musk telah mengambil 9,2 persen saham di perusahaan tersebut. CEO Twitter Parag Agrawal kemudian mengumumkan bahwa Musk akan bergabung dengan dewan perusahaan, sebelum mundur dari pengumuman setelah Musk memutuskan untuk tidak bergabung dengan dewan.

Meskipun tawaran CEO Tesla dan SpaceX untuk membeli 100 persen saham di perusahaan itu dilihat sebagai berita besar di dunia teknologi, kemungkinan itu akan diterima tampak lebih kecil ketika dewan perusahaan meluncurkan apa yang dikenal sebagai “pil racun,” sebuah kebijakan yang akan memungkinkan pemegang saham untuk membeli saham perusahaan dengan harga diskon, menipiskan nilai kepemilikan Musk.

Namun, perusahaan sejak itu memastikan bahwa mereka telah menerima tawaran itu dari Musk.

Selain memuji potensi masa depan Twitter, Musk telah berulang kali merujuk minatnya untuk memperjuangkan kebebasan berbicara sehubungan dengan media sosial.

Sebelum mengumumkan bahwa dia telah mengambil 9,2 persen saham di perusahaan, dia mengunggah jajak pendapat yang menanyakan 80 juta pengikutnya apakah Twitter mendukung kebebasan berbicara.

“Konsekuensi dari jajak pendapat ini akan menjadi penting,” tulisnya beberapa pekan lalu.

Elon Musk juga baru-baru ini mengeluh tentang akun spam terkait kripto di Twitter, mengkritik perusahaan karena berfokus pada menawarkan dukungan untuk NFT daripada menyelesaikan masalah spam.

Namun, Musk bisa dibilang lebih dikenal karena kehadirannya yang “sembrono” di media sosial itu. Dia secara rutin menggambarkan tokoh ternama lain dan memposting meme lucu, sering merujuk pada kripto seperti Dogecoin dan bahkan perusahaannya sendiri.

Pandangan pribadinya yang sangat sering tentang aset kripto dan harga saham Tesla telah membuatnya terlibat dalam masalah dengan SEC di masa lalu, karena cuitannya sering menyebabkan goncangan di pasar (Bahkan Dogecoin hari melonjak lagi terkait pemberitaan ini.

Dengan Elon Musk menguasai penuh perusahaan Twitter, Elon Musk diperkiraan akan sulit mengerem kebiasaannya itu dan akan memberi ruang dongkrak yang besar bagi Bitcoin dan Dogecoin.

Pasar Kripto Sambut Baik Pembelian Twitter 

Terpantau pada Selasa pagi (26/4/2022), harga Dogecoin (DOGE) melonjak 19,78 persen dalam 24 jam terakhir di harga US$0,1531 dampak dari pemberitaan itu. DOGE berkuasa atas 100 besar pasar kripto, disusul oleh ApeCoin (APE), 18,23 persen di kisaran US$19,44.

Sedangkan Bitcoin turun ikut terdongkrak, naik lebih dari 4 persen, US$40.500. Menyusul di bawahnya, ETH, US$3,012.40, menguat 5,40 persen. Sejumlah besar kripto berkapitalisasi pasar besar juga turut melesat.

Spekulasi Dampaknya Terhadap Dogecoin di Masa Depan

Walaupun penafsiran berikut sangat spekulatif, Twitter yang sudah berada di tangan Elon bisa jadi akan lebih kuat dari sisi use case dan perkembangan lainnya. Setidaknya Elon punya kuasa keputusan agar DOGE dijadikan sebagai alat pembayaran di Twitter. Wacana ini sudah lama ia sampaikan.

Terkait Twitter Berbayar, Elon Musk: Bagaimana Jikalau Pembayarannya Pakai Dogecoin (DOGE)?

Ini juga bisa diselaraskan dengan langkah Twitter yang sebelumnya menerapkan metode pembayaran USDCoin dan menggunakan teknologi Polygon (MATIC) untuk layanan Twitter Blue dan tiket Twitter Spaces, atas kemitraan dengan Stripe. Salah seorang investor di Stripe adalah Elon Musk.

Twitter Akan Pakai USDC dan Teknologi Polygon (MATIC), Bermitra dengan Perusahaan Dukungan Elon Musk

Belum lagi mengingat Elon Musk yang diwakili oleh Jared Birchall masih anggota di Dewan Penasihat Dogecoin Foundation. Di sana ada juga Vitalik Buterin sebagai penasihat urusan teknologi yang sebelumnya pernah mengusulkan agar sistem Dogecoin menganut Proof-of-Stake dan ada fitur DAO. [ps]

spot_img

Terkini

Terkait