Sah! Stablecoin Dolar, USN Resmi Terbit di Near Protokol (NEAR)

Stablecoin USN besutan protokol Near resmi diaktifkan pada mainnet hari ini. DAO bernama Decentral Bank memimpin peluncuran stablecoin tersebut.

Proximity Labs, cabang DeFi (keuangan desentralistik) blockchain layer 1 Near, mengumumkan bahwa stablecoin desentralistik USN telah diluncurkan. Stablecoin ini dapat diperiksa memakai blockchain explorer resmi Near pada alamat berikut https://explorer.near.org/accounts/usn.

Peluncuran ini mengonfirmasikan kabar yang sebelumnya dilaporkan The Block bahwa stablecoin Near sedang digarap.

USN merupakan stablecoin desentralistik mirip TerraUSD (UST) dan Frax Finance (FRAX) yang dipatok terhadap dolar AS tanpa memakai cadangan kas USD.

Stablecoin USN dapat dicetak dengan cara mendepositkan token Near, aset kripto blockchain Near, sebagai agunan.

Tim independen berbentuk DAO (decentralized autonomous organization) bernama Decentral Bank memimpin usaha stablecoin USN tersebut. Decentral Bank bekerjasama dengan Proximity Labs yang merupakan penyumbang terhadap DAO itu.

Juru bicara Proximity berkata USN dapat bertindak sebagai cara efektif untuk menghemat likuiditas bagi protokol DeFi. Near merupakan rumah bagi protokol DeFi seperti Ref Finance, Burrow, Aurigami dan Bastion yang telah memutuskan mengintegrasikan stablecoin USN.

Stablecoin tersebut akan memberikan imbal hasil tahunan sekitar 10 persen dari Decentral Bank. Imbal hasil minimum tersebut berasal dari penghasilan Decentral DAO yang didapat melalui staking token aslinya dengan validator keamanan.

Saat ini, proses staking tersebut memperoleh imbal hasil 11 persen.

Menurut Decentral DAO, imbal hasil stablecoin tersebut akan bervariasi bergantung kepada persentase staking NEAR dan nilai pasar token NEAR. Di tahap awal, imbal hasil tahunan USN dapat mencapai lebih dari 20 persen bagi pemberi pinjaman pertama melalui adanya insentif tambahan.

Perlu dicatat, imbal hasil USN baru akan berjalan setelah melalui voting DAO.

Selain itu, Decentral Bank DAO akan memiliki beberapa mekanisme stabilitas demi mendukung harga USN terhadap USD.

Mekanisme pertama adalah sistem arbitrase yang berusaha memastikan stablecoin USN diperdagangkan setara dengan token NEAR senilai satu dolar.

Mekanisme kedua adalah dana cadangan yang terdiri dari NEAR dan USDT yang dimiliki Decentral DAO. Belum diputuskan berapa jumlah dana tersebut yang akan dipakai untuk mendukung kestabilan harga USN. [ed]

spot_img

Terkini

Terkait