Salah Paham, Cardano Bukan Siapkan Mekanisme Burn untuk ADA

Beberapa hari yang lalu terjadi kesalahpahaman di antara netizen pencinta kripto. Pasalnya, lewat pengumuman terbaru dari tim pengembang Cardano dipahami, bahwa akan ada mekanisme baru burn kripto ADA.

Padahal yang dimaksudkan burn dalam hal itu adalah khusus token yang diterbitkan lewat blockchain Cardano, di program Adrestia.

Dalam kurun waktu tujuh hari terakhir, ADA merupakan salah satu kripto dengan performa terbaik di jajaran 10 kripto terbesar. Avalanche AVAX melambung 30 persen, Ethereum (ETH) mencetak untung 16 persen dan ADA meningkat 13 persen.

ADA diperdagangkan pada harga US$0.89 saat ini dan dapat lanjut menanjak dalam jangka waktu pendek seiring pasar kripto mengalami pemulihan.

IKLAN

Harga ADA yang meningkat dapat terjadi karena rumor tentang penerapan mekanisme burn tersebut. Rumor itu disebarkan oleh akun Twitter WatcherGuru sehingga menimbulkan reaksi spontan dari komunitas ADA.

NewsBTC.com melaporkan, sumber rumor diduga adalah cuitan dari Clark Alesna, pengembang dan CEO SAIB Inc. Ia menerima tantangan dari Hoskinson dan berkata akan mulai memproduksi smart contract untuk mekanisme burn bagi ADA.

“Sepertinya tidak ada yang menanggapi tantangan Charles Hoskinson untuk membuat burn smart contract ADA yang ia ajukan beberapa waktu lalu. Jadi saya akan membuatnya sendiri dan mulai merancang kode pekan ini,” jelas Alesna melalui akun Twitternya.

Tampaknya Alesna hanya bercanda. Kendati demikian, media berita menanggapinya dengan serius.

Komunitas ADA setuju mekanisme burning tidak akan diterapkan di Cardano dan rumor itu keliru. Sebagian besar pengguna berpendapat sistem itu tidak akan menjadi keunggulan jaringan.

Pendiri Cardano, Charles Hoskinson bahkan bereaksi “bingung campur panik” lewat Twitter-nya, menanggapi kesalahpahaman itu.

Hoskinson sendiri sejak tahun lalu sudah mengatakan berkali-kali bahwa pihaknya tidak akan pernah mengajukan mekanisme burn untuk kripto ADA.

Data dari Hoskinson menunjukkan ekosistem Cardano semakin bertambah luas sejak penerapan kemampuan smart contract. Saat ini ada lebih dari 500 proyek yang dibangun di atas Cardano.

Sektor NFT mendominasi pengembangan di blockchain Cardano. Marketplace NFT merupakan sektor terbesar kedua, disusul oleh bursa desentralistik, gaming dan aplikasi dompet. [ed]

spot_img
spot_img

Terkini

Warta Korporat

Terkait