Sam Bankman-Fried Tarik Dana Hampir US$1 Milyar Beberapa Bulan Sebelum FTX Bangkrut

Pendiri FTX yang tercela, Sam Bankman-Fried, menerima hampir satu miliar dolar dalam bentuk pembayaran tunai dalam beberapa bulan menjelang kebangkrutan bursa kripto tersebut.

Dokumen pengadilan terbaru menunjukkan bahwa Bankman-Fried mulai mengumpulkan jutaan dolar dalam bentuk pembayaran tunai dari FTX sejak Januari 2022 hingga Oktober tahun yang sama, sebulan sebelum bursa tersebut runtuh.

Sam Bankman-Fried Tarik US$1 Milyar Sebelum FTX Pailit?

Dokumen tersebut juga mengungkapkan bahwa mantan CEO FTX menerima pembayaran tunai sebesar US$200 juta dalam dua kesempatan yang terpisah.

Secara keseluruhan, Bankman-Fried berhasil mengantongi lebih dari US$905 juta dari FTX dalam kurun waktu sekitar sembilan bulan, dikutip dari Dailyhodl.

Saat ini, Sam Bankman-Fried menunggu persidangan dan telah dituduh melakukan penipuan terhadap investor serta menyalahgunakan miliaran dolar dana pelanggan yang terkait dengan kejatuhan FTX tahun lalu. Jika terbukti bersalah, ia dapat dihukum penjara selama beberapa dekade.

Pendiri FTX ini bukanlah satu-satunya mantan eksekutif yang mendapat manfaat dari dana dari kerajaan FTX yang saat ini sudah tidak aktif.

Dokumen pengadilan menunjukkan bahwa FTX mengeluarkan US$2,513 juta untuk membayar yacht milik Sam Trabucco, mantan co-CEO dari divisi perdagangan Alameda Research di FTX.

Trabucco yang merupakan teman dari Sam Bankman-Fried tersebut memiliki peran yang besar karena dia membantu Alameda untuk berekspansi di luar pasar netral, tapi bergerak pada bisnis dengan laba relatif rendah sebagai market maker untuk kripto bervolume rendah ke dalam strategi pasar yang lebih berisiko.

Namun, perusahaan ini mendapatkan keuntungan besar karena berhasil bertaruh pada aset dengan tingkat leverage tinggi seperti crypto dogecoin.

Transaksi tersebut terjadi kurang dari enam bulan sebelum Trabucco meninggalkan perusahaan.

Sementara itu, Caroline Ellison yang merupakan lulusan MIT (Masschusett Institute of Technology) di jurusan Ekonomi.

Sebelumnya dia bekerja di perusahaan sekuritas Jane Streets selama satu setengah tahun dan akhirnya bergabung dengan Alameda. Caroline yang juga mantan co-CEO Alameda, menerima pembayaran tunai sebesar US$3,5 juta pada September 2022.

Sam Bankman-Fried dan para mantan eksekutif FTX lainnya yang menerima jutaan dolar dalam bentuk pembayaran tunai dari bursa kripto yang bangkrut termasuk Gary Wang, Ryan Salame, Nishad Singh, dan Jonathan Cheesman. [az]

Didukung Oleh Investing.com
spot_img

Terkini

Warta Korporat

Terkait