Sebelum Berspekulasi di Shiba Inu (SHIB), Pahami Ini Dulu

Sejak diluncurkan pada bulan Agustus tahun 2020, Shiba Inu (SHIB) menarik perhatian publik. Di tahun 2021, SHIB menjadi aset kripto terpopuler dengan 43 juta penelusuran lebih tinggi dibanding Bitcoin (BTC).

Kini, komunitas kripto kembali melirik SHIB. Investor yang berencana membeli SHIB harus memahami poin-poin berikut soal aset kripto meme ini yang dikutip dari News Room Post.

Pertama, SHIB bukanlah koin, melainkan token. Penting mengetahui SHIB tidak berada di atas blockchain sendiri. SHIB memakai blockchain Ethereum, sebab itu disebut sebagai token.

Tetapi, tim Shiba Inu berencana membuat blockchain layer-2 sendiri bernama Shibarium yang akan dirilis dalam waktu dekat.

Kedua, SHIB disebut sebagai pesaing kripto meme lain, yakni Dogecoin (DOGE). Situs Shiba Inu menyebut diri sebagai “pembunuh Dogecoin” dan merupakan satu-satunya pesaing yang berhasil menyalip DOGE.

Pesaing lain di kategori memecoin ini mencakup Floki Inu (FLOKI), Doge Dash dan Dogelon Mars.

Ketiga, pendiri SHIB adalah tim anonim. Shiba Inu mirip dengan Bitcoin dimana tidak ada yang tahu identitas penciptanya. Kendati demikian, diduga Ryoshi adalah pengembangnya dan logo Shiba Inu adalah hewan anjing asal Jepang.

Keempat, SHIB didukung secara tidak langsung oleh Elon Musk. Cuitan dari CEO Tesla Elon Musk acapkali menjadi viral di seluruh dunia. Setelah ia mencuit tentang mengadopsi hewan Shiba Inu, token SHIB langsung meroket mencapai harga tinggi.

Kelima, SHIB adalah aset spekulatif. Token SHIB diluncurkan sebagai lelucon dan pesaing bagi DOGE. Kendati demikian, kripto ini berhasil mencapai popularitas luas karena sifatnya yang berdasarkan meme.

Keenam, SHIB bersifat volatil. Semua kripto cenderung mengalami harga volatil dikarenakan tergolong kelas aset baru, terlebih kripto memecoin. Sebab itu, bursa kripto berhati-hati ketika membuka perdagangan bagi golongan memecoin tersebut.

Mekanisme Burn Shiba Inu (SHIB) Akan Tiba

Mekanisme baru burn (pemusnahan) token SHIB segera tiba. Cara baru ini menawarkan transparansi dan lebih sistematis, tetapi tidak menjamin harganya akan terdorong naik.

“Portal pemusnahan SHIB saat ini sedang dikerjakan oleh tim pengembang. Belum ada tanggal rilis pasti tetapi pengujian telah dimulai dengan rincian lebih lanjut akan diumumkan,” sebut pengembang SHIB.

Tim SHIB menambahkan, memusnahkan SHIB adalah aspek inti dari ekosistem SHIB dan mereka selalu mencari pilihan baru untuk memusnahkan SHIB melalui sejumlah penggunaan. [ed]

spot_img

Terkini

Terkait