Pada tahun-tahun mendatang, pembayaran menggunakan aset kripto, termasuk Bitcoin (BTC) akan menjadi lazim. Kini, sejumlah perusahaan mengujicoba dan membuat perangkat khususnya. Salah satunya adalah dalam bentuk mesin kasir digital alias Point of Sale (POS) buatan SecuX asal Taiwan ini.

PoS masih banyak diminati oleh beragam retail merchant untuk melakukan pembayaran secara secara langsung. Kafe, restoran, hotel hingga toko-toko kelontong, masih lazim menggunakannya.

Kendati ada pembayaran langsung antar ponsel, mesin kasir khusus seperti ini menawarkan keunggulan lebih, khususnya soal sistem laporan keuangan.

Menjajal Kinerja Hardware Wallet Bitcoin SecuX

Dalam hal ini SecuX Payment Terminal mengusung teknologi blockchain sebagai jalur transaksi, di mana aset kripto (cryptocurrency/mata uang kripto) digunakan sebagai medium pembayarannya.

SecuX Payment Terminal adalah produk terbaru besutan SecuX, selain crypto hardware wallet yang pernah kami ulas sebelumnya di media ini.

Sejak tahun 2018 SecuX memang fokus di sektor blockchain yang sedang panas-panasnya, didapuk sebagai teknologi pembayaran yang jauh lebih efisien dari segi waktu dan biaya. Oleh sebab itu artikel ini sekadar menegaskan perwujudan itu, sekaligus mencerminkan masa depan pembayaran yang lebih baik.

BERITA TERKAIT  BitTorrent Luncurkan BitTorrent Live, Saingi Snapchat dan TikTok

3 Komponen Utama dan Prinsip Dasar
Sistem ini memerlukan 3 komponen utama, yakni unit SecuX Payment Terminal, aplikasi mobile di ponsel dan Merchant Portal yang bisa diakses melalui website.

SecuX Crypto Total Payment Solution

Sedangkan prinsip dasarnya kurang lebih serupa dengan sistem PoS lain. Pertama, merchant meng-input harga produk di SecuX Payment Terminal.

Kedua, menggunakan aplikasi di ponsel, konsumen memindai QR Code yang muncul di SecuX Payment Terminal lalu membayar.

Ketiga, merchant menerima pemberitahuan bahwa pembayaran selesai dan dana diterima masuk di Merchant Portal.

Mengingat perangkat ini masih dalam tahap ujicoba, aset kripto yang digunakan sebagai medium pembayaran tidak memiliki nilai. Sistem SecuX ini menggunakan aset kripto SPC ditransaksikan di blockchain Decent yang mengusung sistem Proof-of-Stake.

Secara prinsip, biaya per transaksi pun sangat murah, hanya 0,001 SFC. Proses transaksi dapat dikatakan instan, karena beberapa milidetik saja.

BERITA TERKAIT  BUMN Ini Pakai Blockchain Alibaba

Sistem Koneksi
Sebelum transaksi dilakukan, aplikasi konsumen harus terhubung ke SecuX Payment Terminal menggunakan bluetooth.

Sedangkan ketika melakukan pembayaran melalui pindaian QR Code ataupun NFC (Near Field Communication). Cara kedua ini cukup dilakukan dengan mendekatkan ponsel ke SecuX Payment Terminal.

Aplikasi itu pun terhubung langsung ke sistem komputasi cloud SecuX, tempat di mana interaksi transaksi blockchain berlangsung, lalu ditampilkan di Merchant Portal. Transaksi pun selesai.

Di aplikasi konsumen bisa memastikan bahwa transaksi sudah benar-benar terekam di blockchain.
Rincian transaksi di sisi Merchant Portal.
Menentukan aset kriptp di Merchant Portal.

Sedangkan di bagian Merchant Portal, Anda bisa melakukan banyak hal. Selain memerika rincian transaksi, Anda juga bisa mengganti nama dan logo merchant yang tampil di sisi aplikasi konsumen hingga menentukan jenis aset kripto yang digunakan. [red]

BERITA TERKAIT  Susul Binance, OKEx Bergabung dengan Konsorsium Blockchain Klaytn

CATATAN: Produk dikirimkan oleh pihak perusahaan SecuX Technology, Taiwan dan artikel ini ditulis langsung oleh Redaksi Blockchainmedia.id. Ulasan produk bertujuan mendidik pembaca, khususnya terkait penerapan teknologi blockchain dan aset kripto.

Ikuti media sosial kami

INFO IKLAN/AD INFO