Setelah Harga Bitcoin Hari Ini Jatuh dari US$24 Ribu, Sebelumnya Analis Menegaskan: Tetaplah Waspada

Harga Bitcoin hari ini jatuh dari US$24 Ribu, setelah mengalami reli selama 7 hari, berkat dolar AS yang melemah sejak Senin. Ketika artikel ini ditulis, harga Bitcoin mendarat keras di US$22.800. Sebelumnya analis sudah memperingkatkan pasar agar selalu waspada.

Reli di pasar kripto, khususnya Bitcoin selama beberapa minggu terakhir tiba-tiba menjadi sesuatu yang substansial, dengan harga Bitcoin (BTC) naik ke harga tertinggi dalam sebulan, di US$24.000. Kripto nomor wahid itu telah diperdagangkan lebih tinggi pada tujuh dari delapan hari terakhir.

Harga Bitcoin Hari Ini

Analis mengaitkan kenaikan itu dengan spekulasi bahwa The Fed tidak akan seagresif pengetatan kondisi moneter seperti yang dikhawatirkan beberapa minggu lalu.

IKLAN

Untuk sebagian besar tahun ini, The Fed memang telah menaikkan suku bunga untuk menekan inflasi yang berjalan pada laju tercepat dalam empat dekade, dan ekspektasi biaya pinjaman yang lebih tinggi telah menekan penilaian untuk aset berisiko dari saham hingga kripto, termasuk Bitcoin.

The Fed memang belum seagresif dibandingkan kebijakan suku bunga tinggi di Era tahun 1980-an, yang membuat AS masuk jurang resesi kala itu. Urgensi seperti itu tampaknya hilang dari The Fed yang dipimpin Jerome Powell saat ini, setidaknya untuk saat ini.

Dengan latar belakang itu, selalu ada kemungkinan bahwa The Fed mungkin terpaksa mengatasi meningkatnya risiko bahwa inflasi yang melonjak berubah menjadi keadaan darurat yang nyata, yakni resesi.

Analis kripto mengatakan trader dan investor tetap berhati-hati meskipun kekuatan baru-baru ini merayap ke pasar.

IKLAN

“Jika momentum kenaikan terhenti, seperti yang terjadi pada Februari dan Maret tahun ini, kami harus bersiap untuk peningkatan tajam dalam penjualan,” kata Alex Kuptsikevich, analis FxPro, dilansir dari Fortune, Rabu (20/7/2022).

Dan dini hari tadi, Tesla mengumumkan telah menjual 75 persen dari saldo Bitcoin mereka, setara Rp14 triliun. Itu membuat harga Bitcoin tertekan, setelah menikmati kisaran US$24.000.

Sebelumnya bursa kripto Zipmex mengatakan telah menangguhkan sementara penarikan dana, karena sedang mengalami kesulitan keuangan. Beberapa pekan lalu Coinbase mengurungkan niat mereka masuk ke Zipmex. [ps]

spot_img

Terkini

Terkait