Shanghai Upgrade Ethereum Dijadwalkan Meluncur pada Maret 2023

Tim pengembang inti Ethereum telah mengonfirmasi jadwal peluncuran upgrade Shanghai akan terjadi di bulan Maret 2023.

Upgrade Shanghai adalah pembaruan setelah The Merge, yang mengubah konsensus jaringan Ethereum dari proof of work menjadi proof of stake, mengurangi penggunaan energi dan limbah karbon. Jaringan Ethereum saat ini menjadi ramah lingkungan.

Shanghai Upgrade Ethereum Akan Hadir Bulan Maret 

Berdasarkan laporan Decrypt, tim pengembang telah meluncurkan “devnet 2,” yakni jaringan pengembang yang memungkinkan pengguna mengubah proses penarikan koin ETH yang telah di-staking. Ini adalah komponen utama dari Shanghai upgrade Ethereum

“Peluncuran jaringan sebagian besar berjalan lancar, dengan gangguan kecil yang sewajarnya,” ujar tim pengembang.

IKLAN

Setelah The Merge, jaringan Ethereum telah melibatkan peserta yang disebut sebagai validator, untuk menjaminkan koin ETH mereka ke jaringan untuk memverifikasi transaksi dan menjaga keamanan jaringan dengan cara di-staking.

Validator juga mendapatkan hadiah berupa koin ETH baru, sesuai porsi dari koin ETH yang mereka staking di jaringan.

Diketahui, ada lebih dari 16 juta ETH senilai US$22,7 milyar yang di-staking di jaringan, namun ini masih belum dapat ditarik oleh pengguna. Kemampuan penarikan dana akan tersedia dalam Shanghai upgrade Ethereum.

Awalnya, Shanghai upgrade Ethereum dimaksudkan untuk memuat sejumlah pembaruan lain, termasuk proto-danksharding. Ini adalah proses pengambilan sampel data yang disederhanakan, membuat transaksi layer-2 jauh lebih murah dan lebih cepat di jaringan Ethereum.

IKLAN

Namun, pembaruan tersebut diputuskan untuk dihapus dari pembaruan Shanghai untuk fokus dan memastikan kemampuan penarikan ETH diluncurkan secepat mungkin dan tanpa masalah.

Sebagai gantinya, tim pengembang menjadwalkan proto-danksharding untuk diluncurkan pada akhir tahun 2023.

Tak hanya itu, pengembang dengan berat hati juga menunda pembaruan dari Ethereum Virtual Machine (EVM) yang disebut EOF.

Sudah lebih dari dua tahun EVM tidak mendapatkan pembaruan, sehingga mekanisme penerapan kontrak pintar jaringan masih tidak ada perubahan.

Pengembang inti Ethereum Marius Van Der Wijden tidak mengungkapkan tanggal pasti dari Shanghai upgrade Ethereum, namun ia mengklaim tidak melihat adanya tanda bahwa peningkatan ini akan tertunda. [st]

 

spot_img
spot_img

Terkini

Terkait