Sistem Smart Contract Syscoin Sudah Aktif, Memadukan Keunggulan Bitcoin dan Ethereum

Sistem smart contract Syscoin sudah aktif di block ke-1.317.500, pada 6 Desember 2021. Sistem ini memadukan keamanan blockchain Bitcoin dan fleksibilitas blockchain Ethereum.

Sistem ini adalah tahap pertama penerapan NEVM (Network-Enhanced Virtual Machine) milik Syscoin, di mana smart contract diamankan menggunakan keunggulan Bitcoin.

Smart Contract Syscoin

“Dengan peningkatan Syscoin ini, Anda dapat secara bersamaan menikmati semua manfaat keamanan Proof-of-Work (PoW) Bitcoin dan fleksibilitas smart contract pada rantai modular agar karakter terdesentralisasi tetap terjaga, terukur, dan terjangkau. Fase pertama ini secara efektif meletakkan dasar teraman di dunia untuk mendukung semua keunggulan EVM Layer-2 terbaik,” sebut Jagdeep Sidhu, Lead Developer Syscoin dalam keterangan resminya hari ini. Syscoin adalah pemain lama yang dikebut sejak tahun 2014.

Sidhu menambahkan, pendekatan unik ini terhadap infrastruktur mampu mengatasi kritik terbesar yang ditujukan pada Bitcoin dan Ethereum.

IKLAN

Berkat penambangan gabungan, keamanan PoW Syscoin secara efektif adalah solusi energi hijau, yang mendaur ulang sumber daya yang telah dihabiskan untuk keamanan Bitcoin.

Berkat Solidity (bahasa pemrograman di Ethereum) dan kompatibilitas penuh EVM, Syscoin mengklaim telah menyiapkan tempat terbaik dan efisien untuk semua proyek berbasis EVM, termasuk Ethereum itu sendiri, untuk dapat memanfaatkan skalabilitas Syscoin NEVM dan biaya rendah.

“Dengan cara ini, menggenapkan keunggulan Ethereum 2.0 dan memecahkan trilema yang dihadapi blockchain,” sebut Sidhu.

Secara praktis, pembarian ini bermakna, semua proyek yang berjalan di Ethereum dapat bermigrasi ke Syscoin secara mudah.

IKLAN

Selain itu bisa menghemat hampir 100 persen dari biaya transaksi. Penghematan waktu dan biaya tentu saja pada gilirannya dipandang baik oleh penggunanya.

Selepas tahap pertama ini, Syscoin juga akan menerapkan ZKP alias zero-knowledge proof, yang memperkenalkan model biaya terdesentralisasi untuk urusan gas fee Ethereum, agar lebih murah.

Cocok untuk Metaverse dan Bisnis

Secara keseluruhan, setiap fase pengembangan ini memungkinkan sistem akan kompatibel dengan proyek menjanjikan lainnya, termasuk di ranah metaverse, smart city dan cocok dengan kebutuhan bisnis korporat.

Itu sebabnya pada fase kedua, akan ada ZK-Rollup, yang memungkinkan kecepatan transaksi bisa mencapai 210.000 transaksi per detik, pada kuartal pertama tahun 2022.

Sedangkan fase ketiga diikuti ada penerapan Validium, dengan proyeksi 4 juta transaksi per detik.

Syscoin mengakui ada beberapa pihak yang mulai menunjukkan minat memanfaatkan fitur baru, ZK-Rollups di Syscoin NEVM ini, di antaranya adalah Luxy, Pegasys, Mute, Equalizer, dan Orai. [ps]

spot_img

Terkini

Terkait