Skenario Wajah Pasar Kripto Tahun 2027

Membahas masa depan, bagaimana pasar kripto lima tahun mendatang tentu cukup menarik karena telah melewati halving Bitcoin terbaru dan mendekati halving Bitcoin selanjutnya.

Pasar Kripto Tahun 2027 

Di tahun 2027, beberapa pengamat melihat akan ada lebih banyak inovasi besar di sektor teknologi, khususnya blockchain dan aset kripto.

Meski begitu, masa kekacauan juga dapat terjadi di tahun tersebut, karena kondisi ekonomi global dan dunia selalu mengalami hal berulang. Tidak selamanya semua berjalan dengan mulus.

Berdasarkan laporan Cointelegraph, berikut adalah skenario wajah dari pasar kripto di tahun 2027:

IKLAN

Metaverse Tersendat

Meski saat ini metaverse masih menjadi perbincangan yang hangat dan futuristik, pada tahun 2027 mendatang kemungkinan ini akan tersendat, tidak berjalan terlalu jauh.

Secara definisi, metaverse bukanlah barang baru karena fitur yang disediakan sejatinya telah ada di beberapa online game dan sosial media.

Metaverse, yang diharapkan menjadi dunia virtual dengan ekonominya sendiri, menjadi tempat berlangsungnya beragam kegiatan, masih sulit terwujud karena keterbatasan perangkat.

Bahkan, untuk penggunaan perangkat VR, itu masih terbatas untuk beberapa kegiatan saja. Terlebih, beberapa perusahaan mungkin masih belum banyak melirik metaverse karena meragukan fungsi dan efisiensinya.

IKLAN

Dompet Kripto Akan Menjadi “Aplikasi Super”

Saat ini, mengakses DeFi perlu berurusan dengan banyak protokol, seperti dompet kripto, antarmuka, bursa, bridge dan protokol pinjaman itu sendiri.

Ini terkadang menjadi suatu hal yang kurang nyaman untuk beberapa orang, sehingga dapat menghambat proses adopsi massal.

Lima tahun mendatang, kemungkinan ini semua akan saling terintegrasi dalam satu antarmuka, karena pengguna juga hanya akan mementingkan keamanan, kecepatan dan biaya murah.

Sebagian besar protokol DeFi kemungkinan akan menjadi back-end, melayani dompet kripto dan antarmuka yang popular.

IKLAN

Bitcoin Menjadi Unit Akun yang Setara Dolar AS 

Uang memiliki tiga sifat utama, yaitu bertindak sebagai alat pembayaran, penyimpan nilai dan unit akun.

Beberapa aset kripto saat ini telah menjadi alat pembayaran dan penyimpan nilai, seperti Bitcoin dan Ether (ETH).

Namun, unit akun masih dipegang kuat oleh dolar AS, di mana semua aset dan mata uang, termasuk kripto, dinilai dalam dolar AS.

Lima tahun yang akan datang, kemungkinan Bitcoin juga akan menjadi unit akun yang setara mata uang AS, saat kepercayaan terhadap uang fiat seperti dolar AS dan euro menyusut.

Di saat bank sentral terus mencetak dolar AS tanpa batas, ini dapat memicu inflasi luar biasa. Bahkan resesi. Ini sekadar kemungkinan, tetapi dapat dipertimbangkan.

Sekitar 50 Kripto Akan Mengalami Pergeseran Posisi

Lima tahun yang akan datang, ada kemungkinan sekitar 50 aset kripto akan mengalami pergeseran posisi dalam daftar kripto terbesar berdasarkan kapitalisasi pasar.

Seperti di masa lalu, proyek besar dan dalam daftar 10 besar dapat lengser ke posisi yang sangat rendah, digantikan kripto dari proyek baru yang lebih luar biasa di mata investor.

Ini adalah hal yang lumrah terjadi di pasar kripto dan kita harus bersiap akan kemungkinan tersebut.

Pasar Kripto Akan Terfragmentasi 

Meski mayoritas aset kripto bersifat global dan terdesentralisasi, tetapi mereka masih tidak kebal terhadap regulasi suatu negara.

Saat ini, beberapa negara telah mengambil tindakan peraturan untuk kripto, baik untuk mengaturnya secara baik, bahkan mendepaknya.

Berbagai fenomena di suatu negara dapat membuat pasar kripto terfragmentasi, seperti pada kasus sanksi Rusia yang membuat beberapa proyek kripto membatasi pengguna dari Moskow, bahkan memblokir dana mereka.

Di masa depan, kemungkinan ini dapat terjadi di lebih banyak wilayah, karena regulasi bersifat mutlak dan dapat memengaruhi kripto secara langsung. [st]

 

 

spot_img

Terkini

Terkait