Soal Bitcoin, Visa, MasterCard dan PayPal Berubah Pikiran

2339

Visa, Mastercard dan PayPal memiliki riwayat hubungan yang tegang dengan Bitcoin dan aset kripto selama beberapa tahun terakhir. Kini, seiring perusahaan besar seperti Facebook dan JPMorgan mulai merangkul blockchain dan aset kripto, Visa, Mastercard dan PayPal bersiap-siap mendukung pengembangan kripto ke depannya. Mereka berubah pikiran.

“Kami percaya uang digital berpotensi memperluas manfaat pembayaran digital ke lebih banyak orang dan lokasi. Sebab itu, kami ingin membantu membentuk dan mendukung peran uang digital bagi masa depan uang,” jelas Visa belum lama ini.


Pada tahun 1996, pendiri Visa, Dee Hock, mengatakan bahwa uang akan menjadi data angka dan huruf tidak dalam bentuk kertas, tetapi dalam bentuk elektron dan foton yang bergerak mengelilingi dunia dengan kecepatan cahaya. Visa menambahkan, pihaknya ingin menjembatani antara uang digital dan jaringan Visa yang terdiri dari 61 juta pedagang global.

BERITA TERKAIT  Gabriel Rey: Bitcoin Terbang Rp164 Juta, Sentimen Sangat Positif

Sementara itu, pekan ini Mastercard memperbarui program aset kripto besutannya agar lebih mudah bagi perusahaan untuk menerbitkan kartu pembayaran. Mastercard bermitra dengan Wirex, sehingga Wirex menjadi platform aset kripto pertama yang berhak menerbitkan kartu langsung di jaringan Mastercard.

Raj Dhamodharan, Wakil Presiden Eksekutif Aset Digital dan produk blockchain Mastercard, mengatakan perusahaannya ingin mendorong pasar kripto, menciptakan pengalaman yang aman bagi konsumen dan usaha-usaha di ekonomi digital kini.

Di lain tempat, PayPal dikabarkan akan mulai menawarkan pembelian aset kripto bagi 325 juta penggunanya, mengikuti langkah yang sudah dilakukan aplikasi pembayaran serupa seperti Robinhood, Cash App dan Square.

Masuknya Visa, Mastercard dan PayPal ke sektor Bitcoin dan kripto disambut baik oleh komunitas.

Cory Klippsten, pendiri Swan Bitcoin, berkata, “Tidak bisa dipungkiri, Bitcoin semakin menyebar di dunia teknologi dan ekonomi. Tidak mengejutkan pemain-pemain besar mulai ambil posisi. Bitcoin dan kripto sangat cocok masuk ke model bisnis Visa.”

Sejumlah pihak berpendapat dengan adanya layanan pembayaran seperti Square yang meraup pendapatan Bitcoin senilai US$306 juta melalui Cash App, layanan kripto sulit diabaikan dan akan semakin mendorong adopsi.

BERITA TERKAIT  Tokocrypto Resmi Perdagangkan Aset Kripto Origin

Seiring semakin banyaknya perusahaan terbuka yang melaporkan pendapatan dari aset kripto, banyak perusahaan akan termotivasi untuk mengumumkan rencana mereka menggarap sektor ini. Hal tersebut dapat mendongkrak pertumbuhan pendapatan, jelas Meltem Demirors, Chief Strategy Officer CoinShares.

Langkah termutakhir dari Visa, Mastercard dan PayPal tersebut menyoroti manfaat kripto. Hal ini diutarakan Mati Greenspan, pendiri Quantum Economics, perusahaan pengelola keuangan.

“Semakin banyak orang yang menyadari kekuatan kripto akhir-akhir ini dan perusahaan besar yang paling terancam melakukan usaha terbaik untuk ikut terlibat didalamnya,” jelas Greenspan.[forbes.com/ed]

Ikuti media sosial kami

INFO IKLAN/AD INFO