Solusi Kustodian Bitcoin Fidelity Sudah Berjalan

147

Fidelity Digital Assets, divisi dari Fidelity Investments, terus maju dalam hal menyediakan layanan kustodian dan perdagangan Bitcoin bagi investor besar, termasuk pengelola investasi, dana pensiun, kantor keluarga dan dana abadi. Pada 7 Maret, Fidelity menyebutkan, layanan itu sudah berjalan untuk sejumlah klien tertentu.

IKLAN

Fidelity Investments merupakan pengelola aset kelima terbesar di dunia, dengan total aset senilai lebih dari US$2,5 triliun. Salah satu divisi perusahaan tersebut, Fidelity Digital Assets, menghadirkan perdagangan dan kustodian Bitcoin dan kripto bagi investor institusi Amerika Serikat.

“Kami terus membangun kemampuan teknis dan operasional untuk mengamankan, memperdagangkan dan mendukung aset digital dengan pengawasan yang diminta oleh investor institusi,” sebut Fidelity melalui pengumuman pada akhir Januari lalu.

Menurut perusahaan itu, sejumlah institusi menghubungi Fidelity dalam rangka mencari platform yang terpercaya untuk berdagang Bitcoin dan kripto lainnya. Menanggapi hal tersebut, Fidelity menyediakan platform kustodian dan perdagangan yang menggabungkan keamanan dan akses terpusat, sebagai solusi terhadap sulitnya berdagang aset digital bagi investor besar. Pada 7 Maret, Fidelity Digital Assets mengumumkan layanan Bitcoin sudah berjalan dengan sejumlah klien yang memenuhi syarat.

“Demi membangun solusi taraf profesional yang mampu memenuhi permintaan klien institusi besar, tim inkubator kami telah mengeluarkan ribuan jam dan jutaan dolar untuk pengembangan produk dan rancangan sistem serta kendali keamanan yang tangguh,” jelas Fidelity.

Salah satu permasalahan utama yang dipecahkan oleh Fidelity Digital Assets adalah isu soal kustodian kripto di tingkat institusi. Menurut perusahaan tersebut, institusi tidak dapat menyimpan kripto sendiri sebagai akibat regulasi dan kewajiban legal yang harus ditaatinya. Oleh karena itu, hardware wallet yang paling aman sekalipun bukan solusi bagi institusi.

Selain itu, investor institusi tidak ingin menanggung risiko mengelola private key. Fidelity Digital Assets berusaha meningkatkan akses terhadap Bitcoin dan kripto lain dengan cara menyediakan layanan kustodian yang sama seperti aset lain kendati menghadapi regulasi yang belum jelas. [cryptoslate.com/ed]

Ikuti media sosial kami

Ingin Beriklan? Klik di Sini