Spanyol Kebut Riset Mata Uang Digital

536

Bank Sentral Spanyol mengebut penelitian seputar penerbitan mata uang digital euro di negaranya. Spanyol adalah negara anggota Uni Eropa, yang juga melakukan hal serupa untuk penerbitan Central Bank Digital Currency (CBDC) euro.

Hal itu tertuang dalam satu dokumen khusus yang dirilis belum lama ini. Bagian dari dokumen itu mengumumkan soal rencana strategisnya mulai tahun 2020-2024 soal mata uang digital dalam konteks kebijakan dan tren Bank Sentral Eropa dalam ekonomi Spanyol,

Menurut mereka, pihaknya akan terus mempelajari efek suku bunga negatif pada bank, terkait tekanan akibat COVID-19 ke dalam pasar, dan beberapa area lainnya.

Bank Sentral Wajib Simak Prinsip Dasar Mata Uang Digital Ini

Namun tidak menjelaskan secara rinci upaya CBDC-nya. Namun, mereka berpendapat bahwa penelitian CBDC adalah prioritas di bawah tema “Teknologi baru dan Sumber Informasi”.

Rencana tersebut menyatakan: “Implikasi bagi sistem keuangan dan ekonomi secara keseluruhan dari pengenalan mata uang digital bank sentral akan dianalisis, dengan mempertimbangkan berbagai proposal desain dan termasuk aspek yang berkaitan dengan identifikasi digital.”

Spanyol memang tidak mengeluarkan mata uang digitalnya sendiri, karena mereka merupakan anggota yang menerapkan Eurosystem.

Pada September 2017, presiden Bank Sentral Eropa (ECB) saat itu, Mario Draghi mengkritik gagasan anggota zona euro Estonia untuk mengeluarkan mata uang digitalnya sendiri.

“Tidak ada negara anggota yang dapat memperkenalkan mata uangnya sendiri,” kata Draghi kepada media kala itu. Mata uang zona euro adalah euro. Tahun berikutnya, pemerintah Estonia membantah pernah berencana menerbitkan “estcoin“.

Kisah Euro Digital dari Bank Sentral

Tetapi Bank Sentral Eropa sekarang dipimpin oleh Christine Lagarde (mantan Direktur Esekutif IMF), yang jauh lebih tertarik pada mata uang digital daripada Draghi.

Di bawah kepemimpinannya, ECB mengadang-gadang kepada publik soal euro digital itu. Baru-baru ini mereka menerbitkan laporan menyeluruh tentang mata uang digital yang dikeluarkan ECB dan telah meluncurkan konsultasi dengan publik tentang implikasi CBDC.

Christine Lagarde Dukung Pengembangan Mata Uang Digital Bank Sentral

Juan Ayuso Huertas, Direktur Jenderal Bank Sentral Spanyol, juga terkenal cukup aktif di bidang ini.

BERITA TERKAIT  Bayar Pajak Seharusnya Semudah Beli Pulsa Telepon

Dia adalah anggota Gugus Tugas Tingkat Tinggi untuk Mata Uang Digital Bank Sentral, yang menerbitkan kajian euro digital itu. [red]

Ikuti media sosial kami

INFO IKLAN/AD INFO