Spekulatif! JP Morgan: Pasar Kripto Sudah Masuk Titik Terendahnya

JP Morgan berkata pasar kripto sudah masuk titik terendahnya kendati volume perdagangan masih lesu. Ekspektasi terhadap merge jaringan Ethereum (ETH) disebut sebagai faktor utama bagi reli terbaru di pasar aset kripto.

ETH dan Bitcoin (BTC) meningkat masing-masing 101 persen dan 35 persen sejak harga terendah pada pertengahan Juni lalu. Kapitalisasi pasar kripto menguat US$1 trilyun, dilansir dari Bitcoinist.

Pandangan JP Morgan Terhadap Prospek Pasar Kripto 

Pada hari Senin (08/08/2022), analis JP Morgan Kenneth Worthington berkata pasar kripto yang mulai menguat disebabkan oleh merge Ethereum yang akan mengganti sistem Proof of Work (PoW) menjadi Proof of Stake (PoS).

Worthington menyoroti dampak kegagalan Terra (LUNA) yang mulai berkurang turut mendukung pemulihan pasar aset kripto.

IKLAN

Analis di bank raksasa AS tersebut meyakini faktor utama reli pasar kripto adalah merge Ethereum dan hasil yang meyakinkan dari ujicoba testnet Sapolia dan Ropsten pada awal Juli dan Juni sehingga merge dapat dilakukan pada tahun ini.

JP Morgan berkata merge Ethereum yang sukses pada tahun ini dapat mendorong sentimen positif dari investor.

Merge tersebut diperkirakan akan terjadi pada September, menyusul hasil dari testnet Georli. Ujicoba itu dijadwalkan untuk 11 Agustus mendatang dan merupakan salah satu langkah terakhir sebelum merge diaktifkan.

Harga BTC meningkat 20 persen pada bulan Juli, sementara harga ETH menguat 60 persen dibanding bulan Mei, didukung oleh berita positif terkait perubahan sistem PoW menjadi PoS.

IKLAN

Perubahan sistem konsensus tersebut dirancang demi meningkatkan kecepatan dan efisien penambangan di jaringan Ethereum.

JP Morgan mengamati, harga BTC dan ETH yang menguat sejak bulan Juni menjadi indikasi pasar kripto telah mencapai titik terendah. Harga BTC telah anjlok 60 persen sejak all-time high US$68 ribu pada November tahun lalu.

Pada bulan Juli, sektor DeFi menguat 22 persen. Worthington berkata, sebab DeFi dibangun di atas Ethereum, berita positif terkait merge Ethereum mendukung penguatan harga ETH dibanding BTC.

Selain itu, kekhawatiran terkait DeFi terjawab oleh berita positif tersebut. Kekuatan pasar aset kripto secara jangka panjang bergantung kepada keberhasilan merge Ethereum, tandas Worthington. [ed]

IKLAN
spot_img

Terkini

Terkait