Spotify Resmi Masuk Metaverse di Roblox

Spotify, aplikasi musik popular akhirnya ikut juga masuk metaverse, mereka memilih Roblox dan punya pulau virtual tersendiri.

Metaverse kini jadi resep wajib bagi perusahaan untuk menegaskan kesadaran mereknya kepada pengguna, sekaligus ikut tren yang jadi buah bibir.

Jika perusahaan dan merek lain masuk metaverse di Decentraland dan The Sandbox yang kental dengan penerapan blockchain dan NFT-nya, Spotify memilih Roblox, game interaktif 3 dimensi yang juga tak kalah popular?

“Hari ini, kami memperkenalkan Spotify Island, surga suara tempat para penggemar dan artis dari seluruh dunia dapat berkumpul dan menjelajahi negeri ajaib suara, pencarian, dan cinderamata eksklusif,” sebut Spotify dalam keterangannya beberapa hari lalu.

IKLAN

Spotify juga mengatakan pulau virtual itu akan terus berkembang dengan dunia baru untuk dijelajahi yang berfokus pada musik dan fandom. Yang pertama adalah K-Park, pengalaman yang dibuat khusus yang dirancang sebagai penghormatan terhadap budaya Kpop. 

Dua artis pertama yang aktif di ruang ini adalah Stray Kids dan Sunmi. Yang terakhir akan memiliki merchandise Roblox yang tersedia mulai hari ini, sementara merchandise Stray Kids akan tiba dalam beberapa minggu ke depan.

Peluncuran Roblox datang pada saat musik telah menjadi keunggulan kompetitif yang penting untuk platform online game karena mereka memposisikan diri sebagai titik masuk masa depan untuk terlibat dengan metaverse

Fortnite sendiri membantu memulai tren ini lewat konser Travis Scott dalam game pada tahun 2020, diikuti oleh konser Ariana Grande tahun lalu, dan koleksi item dan musik bertema Coachella yang lebih baru yang bertujuan untuk merayakan festival di platform-nya. 

Roblox sendiri juga menggelar konser virtual pertamanya pada tahun 2020 ketika menjadi tuan rumah Lil Nas X di ruang acara online yang dirancang khusus dengan beberapa panggung yang terinspirasi oleh musik artis. 

Dan tahun lalu, Roblox memperkuat niatnya untuk membawa lebih banyak artis ke dunia game online dengan mengumumkan kemitraan dengan Sony Music, yang bertujuan membantu artis menjangkau penggemar di dalam Roblox dan menghasilkan uang.

Spotify, yang telah menampung lebih dari 2,2 juta daftar putar terkait game, mengatakan pihaknya melihat potensi untuk menjangkau generasi penggemar musik yang lebih muda dengan peluncuran pengalaman gamenya di Roblox. Menurut survei Deloitte, dikutip, lebih dari 80 persen orang di AS bermain game, dan gamer Gen Z rata-rata 11 hingga 13 jam per minggu terlibat dengan judul favorit mereka, dilansir dari Techcrunch.

“Kami ingin bertemu dengan generasi gamer berikutnya di mana mereka berada, sambil membuka peluang baru bagi penggemar dan artis untuk terlibat dalam permainan,” kata Alia Calhoun, Kepala Pemasaran Roblox. [ps]

spot_img
spot_img

Terkini

Warta Korporat

Terkait