Square Crypto, Inisiatif CEO Twitter untuk Kembangkan Bitcoin

398

CEO Twitter dan Square, Jack Dorsey mengumumkan Square Crypto, inisiatif dari Dorsey untuk membangun tim yang akan bekerja penuh waktu mengembangkan Bitcoin dan ekosistem kripto, terlepas dari misi bisnis Square. Dorsey membuka lowongan untuk empat pengembang dan satu desainer untuk tim tersebut. Dorsey secara langsung mengawasi proyek ini. Semua anggota tim digaji dengan Bitcoin.

Pada 20 Maret, melalui akun Twitter-nya, Dorsey meluncurkan inisiatif tersebut dan berkata ia akan membayar orang untuk membuat ekosistem kripto menjadi lebih baik. Diketahui, Dorsey adalah pendukung Bitcoin sejak lama dan menjadi pencetus fitur jual beli Bitcoin pada aplikasi Cash App, aplikasi pembayaran selular yang dikembangkan oleh Square dan memiliki 7 juta pengguna.

Dorsey berkata, ia bertanya kepada kepala pengembangan strategis Square Mike Brock tentang apa hal paling penting yang dapat dilakukan Square bagi komunitas Bitcoin. Brock menyarankan agar Dorsey membayar orang untuk memperbaiki ekosistem kripto.

Square Crypto adalah inisiatif open-source pertama perusahaan tersebut yang tidak berkaitan dengan misi bisnisnya. Tim Square Crypto tidak akan mengerjakan kepentingan bisnis Square, melainkan sepenuhnya fokus kepada komunitas kripto dan pemberdayaan ekonomi individu. Semua produk yang dihasilkan tim tersebut akan terbuka dan gratis bagi publik, jelas Dorsey.

Dorsey menambahkan Square telah menerima banyak hal dari komunitas open-source sehingga bisa berhasil seperti sekarang. Inisiatif Square Crypto adalah bentuk “balas budi” sekaligus mencapai cita-cita Square untuk menciptakan sistem keuangan global yang lebih mudah di Internet.

Selain pengembang, Dorsey ingin mempekerjakan desainer khusus, karena ia berpendapat wilayah desain kurang didanai di dalam ekosistem kripto. Desain yang bagus membantu orang awam memakai teknologi Bitcoin lebih cepat dan lebih baik. Selain itu, desain dapat membantu dalam edukasi soal Bitcoin.

“Saya mencintai teknologi dan komunitas ini. Komunitas kripto sangat berprinsip, memiliki cita-cita, berani dan juga sangat aneh, seperti Internet di masa-masa awal. Saya sangat senang bisa terlibat secara langsung,” pungkas Dorsey.

CEO Square tersebut mengundang pengembang Bitcoin-core dan ekosistem kripto lain untuk menghubungi Square Crypto bila ingin mendapat kesempatan dibayar atas jerih payah mereka mengerjakan pengembangan Bitcoin.

Inisiatif Square Crypto tersebut menyusul pengumuman Cash App yang menunjukkan penjualan Bitcoin melalui aplikasinya mencapai rekor baru. Jika Bitcoin dan kripto lain memenuhi potensi sebagai alat pembayaran yang memudahkan sistem finansial ke depan, maka langkah Square dapat dilihat sebagai strategi untuk mengambil posisi sebagai pemimpin sebelum terjadi adopsi masal.

Terlepas apakah Square memiliki motif “udang di balik batu” atau tidak, keputusan sebuah perusahaan besar untuk menyumbang inovasi kepada teknologi Bitcoin, merupakan hal yang bagus bagi semua pengguna Bitcoin. [cryptoslate.com/ed]

 

 

Ikuti media sosial kami

Ingin Beriklan? Klik di Sini