Stablecoin US$3,2 Milyar Keluar dari Binance dalam 30 Hari, Terbesar dalam 3 Tahun, Ada Apa?

Platform analisa Glassnode mengungkap, stablecoin senilai US$3,2 milyar ditarik keluar dari bursa kripto Binance dalam kurun waktu 30 hari, angka terbesar selama tiga tahun terakhir.

Binance mengalami penarikan stablecoin dalam bentuk Tether (USDT), USD Coin (USDC), Binance USD (BSUD) dan Dai (DAI). Glassnode menambahkan, penarikan stablecoin tersebut merupakan jumlah tertinggi dalam tiga tahun.

Para trader dan investor kripto telah melakukan penarikan aset keluar dari bursa kripto menyusul keruntuhan FTX yang menjadi pusat perhatian. Skandal FTX menyebabkan investor khawatir bursa serupa akan menghadapi permasalahan likuiditas yang sama.

Terkait Bitcoin (BTC), Glassnode berkata Binance mengalami penarikan BTC terbesar pada Selasa (13/12/2022) lalu disertai volatilitas saldo bursa yang besar selama bulan Desember.

IKLAN

“Melihat arus masuk dan keluar BTC, kita melihat ada penarikan dalam jumlah signifikan baru-baru ini. 13 Desember mencatat penarikan BTC sebesar 57.300 BTC, yang merupakan penarikan Bitcoin terbesar bagi Binance sepanjang riwayat,” jelas Glassnode, dikutip dari Daily Hodl.

Perusahaan analisa tersebut turut berkata Ether (ETH) senilai US$544,56 juta telah ditarik keluar dari bursa pada hari yang sama. Arus ETH di Binance lebih stabil dan tidak jauh berbeda dengan kondisi normal.

Tetapi, Glassnode masih melilhat arus keluar satu hari sangat besar senilai 456.700 ETH pada tanggal 13 Desember 2022. Perlu dicatat, industri kripto mulai mengalami pergeseran menuju self custody atau penyimpanan mandiri pasca krisis FTX.

Menyusul kebangkrutan bursa kripto FTX yang menyebabkan dana nasabah mencapai milyaran USD raib, Binance mengadakan audit atau proof of reserve untuk membuktikan dana nasabah aman.

IKLAN

Proof of reserve tersebut dilakukan oleh Mazars, perusahaan audit yang bermarkas di Perancis. Pada awal bulan Desember, Mazars menerbitkan hasil pemeriksaan yang menyatakan Binance memiliki dana simpanan lebih dari 100% liabilitas.

Tetapi, tidak lama kemudian, Mazars mencabut pernyataan proof of reserve tersebut, termasuk bagi bursa kripto lain yang diselidiki, yakni Crypto.com dan Kucoin. Pencabutan hasil audit oleh Mazars menambah keraguan para nasabah terhadap bursa kripto tersebut.

Saat ini, BTC diperdagangkan dengan harga US$16.852 sedangkan ETH berkisar pada harga US$1.211 menurut data CoinGecko. [ed]

spot_img
spot_img

Terkini

Terkait