spot_img
spot_img

Sudah 3 Pekan Grayscale Belum Beli Bitcoin, Ada Apa?

Selama beberapa bulan sebelumnya, perusahaan keuangan Grayscale membeli lebih banyak Bitcoin daripada yang ditambang. Tetapi sudah 3 pekan ini Grayscale belum membeli Bitcoin sedikit pun. Ada apa?

Grayscale Bitcoin Trust Fund (GBTC) biasanya akan mengajukan Formulir 8-K kepada Komisi Sekuritas dan Pertukaran (SEC) Amerika Serikat setiap minggu. Formulir itu adalah sebuah pernyataan bahwa mereka akan membeli Bitcoin terbaru.

Tetapi terakhir kali laporan tersebut diajukan adalah 25 Juni 2020, ketika perusahaan itu menegaskan telah memebeli hampir 20.000 BTC. Berdasarkan laporan kuartal kedua, GBTC menyapu rata-rata US$57,8 juta per minggu dalam investasi.

Seorang juru bicara Grayscale mengatakan kepada Cointelegraph bahwa penghentian pembelian Bitcoin itu hanya bersifat sementara, karena “periode tenang administratif”

“Ada periode tenang administratif untuk pembelian Grayscale Bitcoin Trust. Trust sekarang terbuka untuk berlangganan pada hari Jumat, 10 Juli 2020 pukul 16:00 ET,” sebut juru bicara itu.

Dalam banyak hal, ternyata Grayscale belum mengeluarkan pernyataan apa pun tentang pembelian Bitcoin baru sejak saat itu.

Produk dari Grayscale adalah salah satu penanda ketertarikan kalangan institusional terhadap Bitcoin. Penting untuk dicatat bahwa GBTC bukan hedge fund di mana aksi membeli aset, berharap mendapat keuntungan dari mereka di masa nanti.

Yang benar adalah, mereka yang membeli Bitcoin menggunakan instrumen itu (berdasarkan nilai saham perusahaan). Saat ini, setiap saham setara dengan 0,00095891 BTC.

Pada kuartal kedua, 84 persen dari investasi ke Grayscale berasal dari investor institusional, sebagian besar adalah dana lindung nilai. Dengan demikian, pembalikan ini menunjukkan kepentingan institusional dalam aset. Perusahaan itu sendiri membanggakan keunggulan bisnisnya, membeli lebih banyak Bitcoin daripada yang ditambang.

“Setelah Bitcoin Halving III pada Mei 2020, arus masuk kuartal kedua tahun 2020 ke Grayscale Bitcoin Trust melampaui jumlah Bitcoin yang baru ditambang selama periode yang sama. Dengan begitu banyak arus masuk ke Grayscale Bitcoin Trust relatif terhadap Bitcoin yang baru saja ditambang, ada pengurangan signifikan dalam tekanan sisi penawaran, yang mungkin merupakan tanda positif untuk apresiasi harga Bitcoin,” sebut Grayscale kala itu. [Cointelegraph/red]

spot_img

Terkini

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Terkait