Supaya Aman, Aktifkan Fitur Multisig di Wallet Kripto Anda

269

Mengelola wallet Bitcoin itu perlu pengetahuan khusus agar lebih aman. Secara umum, multisignature atau biasa disingkat dengan multisig adalah bentuk teknologi pengamanan data yang memungkinkan beberapa pengguna “menandatangani” (sign) secara digital sebuah dokumen atau file digital. Dalam khasanah kripto, multisig mengizinkan beberapa pengguna untuk memverifikasi transaksi kripto. Ini biasanya dilakukan pada aplikasi wallet kripto. Ini menjadikan transaksi kripto lebih aman, karena harus memerlukan izin dari pengguna lain setiap transaksi dilakukan.


Agar Anda dapat menggunakan multisig, seorang pengguna biasanya memerlukan alamat (address) khusus multisig, yang memerlukan lebih dari satu private key untuk menandatangani satu transaksi. Hanya ketika transaksi diverifikasi oleh semua private key (penandatangan), transaksi baru diedarkan ke dalam blockchain.

Tapi, ada beberapa wallet yang mengizinkan pengguna menggunakan fitur multisig di mana hanya 2 dari 3 pengguna saja yang bisa menandatangani transaksi. Jadi, tidak harus semua tiga pengguna yang ada, walaupun private key-nya terkoneksi dengan wallet utama. Nah, di Freewallet, karena menggunakan mekanisme N-to-N multisig, maka setiap transaksi harus diverifikasi dari 3 akun e-mail tersebut.

BERITA TERKAIT  Mastercard Buka Diri bagi Kartu Debit Aset Kripto

Nah, kali ini BlockchainMedia mengajak Anda menjajal fitur Multisig dengan menggunakan wallet Freewallet. Wallet ini tersedia di dua platform, yakni web dan mobile (Android dan iOS)

Jikalau Anda belum akun di Freewallet, caranya sangat mudah. Anda bisa menggunakan nomor ponsel, akun Facebook atau Google+ ataupun alamat surel (e-mail). Dan nanti Anda akan diminta membuat sebuah PIN baru. PIN itu digunakan untuk mengonfirmasi transaksi keluar.

Sedangkan untuk melakukan penarikan (withdraw), Freewallet mengharuskan Anda memverifikasinya melalui e-mail yang Anda gunakan. Untuk mengaktifkan verifikasi e-mail, ikutilah langkah berikut ini. Di bagian beranda, pilih icon Setting, Security, E-mail Confirmation.

Nah, dengan fitur multisig, Anda dapat menambahkan tiga akun e-mail untuk memverifikasi setiap transaksi. Atau dengan kata lain, setiap kali ada withdraw, maka dari 3 e-mail ini transaksi harus diverifikasi. Kalau tidak, maka transaksi tidak dapat dilakukan.

BERITA TERKAIT  Pompliano: Larangan Mata Uang Digital Bisa Bikin Teknologi AS Loyo

Multisig di versi web

Pada Dashboard, masuk ke Security  dan lihat di bagian E-mail Confirmation.

 

Tentukan alamat e-mail yang ingin tambahkan sebagai penandatangan transaksi. Lalu klik Continue. Jika sudah, sebuah e-mail akan dikirimkan untuk mengonfirmasi langkah tersebut.

Multisig di Multiwallet

Dari bagian dashboard (beranda) wallet, klik ikon Settings > Security > Email Confirmation. Sama seperti di versi web, silahkan tambahkan beberapa alamat e-mail yang diperlukan. Lalu klik tombol Verify. Tunggulah e-mail yang terkirim ke alamat e-mail tersebut dan konfirmasilah.

Multisig di mono-currency wallets

Sedangkan untuk pengaturan multisig pada mono-currency wallets, seperti Bitcoin Wallet, Langkahnya serupa dengan yang versi Multiwallet.

Mono-currency wallet adalah wallet besutan Freewallet.org yang hanya mendukung satu jenis kripto saja, seperti Bitcoin, Ether, Litewallet dan lain sebagainya. Freewallet.org memiliki mono-currency wallet sebanyak 24 wallet.

BERITA TERKAIT  Brave Ubah Kebijakan Imbalan Referal BAT, Pengguna Indonesia Hanya Dapat 1 Dolar

Nah, sudah tahu manfaatnya, kan? Penggunaan nyatanya bisa begini. Anda bersama dua teman Anda adalah pengela sebuah startup dan memiliki satu wallet, tempat uang masuk dan keluar. Supaya lebih mudah mengelolanya, maka multisig bisa diterapkan, agar dua teman Anda dapat memverifikasi setiap transaksi keluar dari wallet. Setidaknya bisa mengatasi kecurangan dari salah satu pihak.

Juga sebagai dompet kustodian, Freewallet menyimpan private key pengguna, tetapi menyediakan fitur keamanan tambahan yang mencakup 2FA, multi signature, konfirmasi transaksi melalui email, dan kendali batas transaksi. Freewallet juga mendukung cold storage, sehingga dana Anda lebih aman. Tersedia dalam 13 bahasa dan digunakan di seluruh dunia, Freewallet terintegrasi dengan Changelly pembelian kripto dan fiat. Ada juga Bitrefill, tetapi hanya digunakan pada wallet versi web. Soal dukungan layanan pelanggan terbukti sangat lekas, baik melalui e-mail atau media sosial. Selamat mencoba! [vins]

Ikuti media sosial kami

INFO IKLAN/AD INFO

Berita sebelumya63 Persen Orang Indonesia Sadar Bitcoin
Berita berikutnyaZRX Melejit 30 Persen Setelah Masuk di Coinbase
Avatar
Pemimpin Redaksi Blockchainmedia.id, tertarik tentang teknologi komputer sejak duduk di bangku SMP, menulis artikel tentang teknologi blockchain dan bitcoin di media massa sejak 2014. Pada tahun 2015 bergabung sebagai anggota Aliansi Jurnalis Independen (AJI) hingga sekarang. Sebelumnya di KabarMedan.com sebagai Managing Editor, Kontributor MetroTV dan Redaktur di Harian Global, Medan. Tahun 2001-2016 sebagai penulis lepas untuk Tabloid Komputer PCplus dan Majalah Info Komputer (Kelompok Kompas-Gramedia).