Support Kuat Harga Bitcoin Akan Terbentuk

Jelang data inflasi AS, beberapa data on-chain telah menunjukkan bahwa support yang kuat untuk harga Bitcoin (BTC) akan segera terbentuk.

Data inflasi AS hingga saat ini, masih menjadi perhatian utama para pelaku investasi, termasuk di aset kripto, karena memberi dampak pada selera risiko investor.

Adanya ekspektasi inflasi akan meningkat jauh di atas 8,6 persen menjadi kekhawatiran tersendiri. Ini terbukti dengan meningkatnya poin dari indeks dolar AS, karena mata uang AS kian diminati sebagai save haven.

Ini telah membuat harga Bitcoin terombang-ambing dalam kisaran perdagangan yang ketat, karena investor perlu kejelasan sentimen untuk prospek arah pergerakan harga BTC.

IKLAN

Support Kuat Harga Bitcoin 

Berdasarkan laporan Cryptonews, arus masuk ke produk investasi short Bitcoin telah menyusut dalam seminggu terakhir.

Ini memang dapat dilihat sebagai tanda pemulihan sudah dekat, tetapi investor tampaknya masih mewaspadai penjualan besar dari para korban MtGox yang akan mendapatkan ganti rugi mereka di awal Agustus mendatang.

Ini membuat harga bergerak dalam kisaran, karena masih sulit menentukan dampak apa yang paling memengaruhi harga.

Meski begitu, support kuat harga Bitcoin telah banyak dilihat akan segera terbentuk, di antaranya dari temuan perusahaan analitik blockchain, Glassnode, dalam analisisnya.

IKLAN

Perusahaan ini melihat adanya kapitulasi dari para investor jangka panjang, yang akan menjadi salah satu dasar menyusutnya aksi jual.

Hal ini juga kian didukung oleh aksi kapitulasi dari para penambang, yang menjadi tanda lain bahwa harga saat ini menyerupai posisi terendah sebelumnya dalam sejarah BTC.

Meski begitu, Glassnode menilai proses pemulihan dari kapitulasi ini tidaklah bersifat instan. Ini membutuhkan waktu beberapa bulan.

Di sisi lain, bursa kripto Kraken pun menjelaskan bahwa telah ada banyak indikator on-chain yang menyiratkan bahwa harga BTC sudah berada di kondisi oversold dan berjuang untuk kembali ke wilayah netral.

Meski begitu, beberapa analis telah melihat adanya peluang penurunan jangka pendek dan menengah lanjutan, sebelum benar-benar menemukan support yang kuat untuk bangkit.

Kemungkinan, proses tersebut akan tetap berpegang pada sentimen dolar AS, untuk benar-benar menjadi titik balik bagi harga Bitcoin dan altcoin lainnya. Mari kita saksikan. [st]

 

 

 

spot_img

Terkini

Terkait