Taproot, Sistem Privasi Baru untuk Bitcoin

58

Pieter Wuille, seorang pengembang Bitcoin (BTC) mengungkapkan dua proposal di GitHub untuk sistem privasi yang disebutnya sebagai Taproot, pada 6 Mei lalu.

Taproot disebutkan sebagai solusi yang memadukan keunggulan Merkelized Abstract Syntax Tree (MAST) dan skema Schnorr signature agar informasi yang dikeluarkan lebih sedikit tatkala transaksi sedang berlangsung.

MAST ada pilihan sistem yang memungkinkan transaksi Bitcoin menjadi lebih privat. Sedangkan Schnorr memungkinkan menyamarkan penggunaan MAST yang sebelumnya digunakan untuk memeriksa transaksi.

“Taproot memungkinkan semua keluaran (ouput) transaksi tak dapat dibedakan satu sama lain. Sedangkan Merkle branches menyamarkan branches yang tidak dijalankan pada skrip. Lalu Schnorr berperan mengaktifkan wallet yang menggunakan kunci untuk satu masukan (input) saja,” kata Wuille.

Sebenarnya Bitcoin memiliki aspek privasi di dalamnya. Hanya saja sangat terbatas, tidak terlampau tinggi, sehingga semua transaksi dapat dilihat oleh publik melalui explorer. [Cointelegraph.com/vins]

Ikuti media sosial kami

Ingin Beriklan? Klik di Sini

Berita sebelumyaWarren Buffett: Bitcoin Adalah Alat Judi
Berita berikutnyaMoskow Akan Pakai Blockchain dalam Pemilu
Avatar
Pemimpin Redaksi Blockchainmedia.id, tertarik tentang teknologi komputer sejak duduk di bangku SMP, menulis artikel tentang teknologi blockchain dan bitcoin di media massa sejak 2014. Pada tahun 2015 bergabung sebagai anggota Aliansi Jurnalis Independen (AJI) hingga sekarang. Sebelumnya di KabarMedan.com sebagai Managing Editor, Kontributor MetroTV dan Redaktur di Harian Global, Medan.