Tarung Sengit Antara dApp Ethereum, EOS dan TRON

67
IKLAN

Pertarungan antara ketiga penyedia teknologi blockchain Ethereum, EOS dan TRON kiat sengit. Ethereum sendiri secara kapitalisasi pasar kian tergerus dan disalib posisinya oleh Ripple. Ditambah lagi, dari segi transaksi dan jumlah dApp, EOS dan TRON adalah lawan berat bagi Ethereum.

Menurut laporan Diar teranyar, hingga berita ini ditulis, token Ethereum, Ether (ETH) sendiri ditransaksikan mencapai 7,6 US$miliar di aplikasi desentralisasi (dApp) pada tahun 2018. Angka itu didominasi dari Decentralized exchanges (DEX).

“Sementara itu, dAapp EOS dan TRON jika digabungkan, volumenya mencapai 94 persen berbanding Ethereum. Itu pun kebanyakan dari dApp berjenis judi. Jika transaksi pada ketiga blockchain itu digabungkan, nilainya mencapai US$13 miliar,” tulis Diar yang dilansir Blockchainmedia.id hari ini.

Kendati EOS selama rentang setahun harganya terus turun, dalam tempo 8 bulan EOS mampu mengalahkan Ethereum dari segi volume di dApp. EOS mendominisasi hingga 50 persen dalam satuan dolar AS, sejak platform itu diluncurkan.

“Hingga Januari 2018, volume dAPP EOS mendominisasi hingga 55 persen, Tron 38 persen dan Ethereum harus puas di 6 persen. Dari US$5,5 miliar yang ditransaksikan di EOS, sekitar 70 persen adalah jenis dApp judi. Ini melampaui 95 persen terhadap TRON. Untuk jenis dApp serupa, Ethereum hanya mencicipi 2 persen saja.” tulis Diar. [Diar.co/vins]

Ikuti media sosial kami

Ingin Beriklan? Klik di Sini