Teknologi Blockchain Tiongkok Sudah Resmi Meluncur

3827

Enam bulan setelah peluncuran uji beta, Blockhain buatan Tiongkok, “Blockchain Service Network (BSN)“, resmi diluncurkan pada 25 April 2020, tersedia bagi pengguna secara global. BSN didukung penuh oleh Pemerintah Tiongkok.



Berdasarkan laporan, media lokal di Tiongkok, disebutkan bahwa sejumlah pejabat penting Pemerintah Tiongkok dan beberapa kepala organisasi berkumpul di Beijing pada 25 April 2020, mereka mengumumkan peluncuran BSN untuk publik.

BSN adalah infrastruktur global untuk membantu proyek-proyek blockchain membuat dan menjalankan aplikasi blockchain baru dengan biaya lebih rendah. Ini juga bertujuan untuk mempercepat pengembangan kota pintar dan ekonomi digital di Tiongkok.

China Mobile, China UnionPay dan Huobi China bekerjasama dalam pembuatan BSN itu sejak tahun 2019, di mana penelitian dan pengembangannya dikebut sejak tahun 2018.

Baik developer aplikasi dari perusahaan dan individu telah menunjukkan minat menggunakan BSN itu. Menurut media lokal itu, lebih dari 2.000 developer menjajalnya dalam enam bulan sejak versi beta diluncurkan pada 15 Oktober 2019.

Para pengembang di BSN membuat aplikasi untuk sektor amal sosial, penelusuran barang, dan faktur elektronik.

Dalam peluncuran itu, Shan Zhiguang, Ketua Aliansi Pengembangan BSN menyatakan bahwa jaringan saat ini sudah memiliki 128 simpul publik (public node). 76 dari simpul-simpul itu berada di Tiongkok, 44 dalam proses pembuatan, dan 8 sisanya adalah simpul kota di luar negeri, yang mencakup enam benua.

Pada akhir 2020, Zhiguang mengungkapkan, mereka berencana untuk memiliki setidaknya 200 simpul dalam jaringan.

Dengan peluncuran resmi BSN, jaringan itu tidak akan lagi memiliki batasan pada pengembangan atau penyebaran aplikasi dan akuntansi yang berlaku selama periode beta. Pengembang di jaringan juga akan memiliki kebebasan untuk meningkatkan aplikasi mereka kapan saja.

BERITA TERKAIT  Aset Kripto Polkadot (DOT), Dulu Kurang Keren Sekarang Top Ten

Ini adalah pencapaian lain bagi Tiongkok membawa adopsi blockchain yang lebih luas dan meningkatkan blockchain untuk memajukan pengembangan teknologinya.

Selain itu, Tiongkok telah secara aktif mengembangkan pada mata uang bank sentral digitalnya. Menurut laporan 23 April oleh Cointelegraph, Starbucks dan Mcdonald’s sudah menguji mata uang digital itu. [Cointelegraph/red]

Ikuti media sosial kami

INFO IKLAN/AD INFO