Teknologi Ini Kian Permudah Pengiriman Bitcoin

1534

Lazimnya mengirim dan menerima aset kripto Bitcoin, pengguna harus menggunakan address seperti ini: 1F1tAaz5x1HUXrCNLbtMDqcw6o5GNn4xqX. Dalam perjalanannya, banyak terjadi kesalahan memasukkan address tersebut ketika mengirimkan Bitcoin dari satu wallet. Mengingat sistem blockchain yang satu arah, akibat kesalahan itu, Bitcoin musnah selamanya alias tidak kembali. Memang ini dapat diatasi menggunakan QR Code, tetapi untuk mengubah format address itu menjadi lebih “manusiawi” terus dilakukan.

Dalam perkembangannya, sejumlah perusahaan melakukan itu. Di antaranya yang paling awal adalah proyek Ethereum Name Services (ENS), Argent dan yang terbaru oleh Unstoppable Domains, yang disokong oleh Tim Draper.

Para prinsipnya format address yang “horor” itu diubah menjadi, misalnya iklan.crypto atau market.zil atau nyangkut.argent.xyz. Setiap nama domain kripto itu bisa mewakili sejumlah jenis blockchain dan aset kripto yang berbeda. Prinsip ini sama dengan domain name system pada situs web. Domain Google.com misalnya merepresentasikan-salah satunya-rentang public internet protocol address ini: 64.233.160.0–64.233.191.255.

BERITA TERKAIT  Christopher Tahir: BTC dan ETH Perlu Kekuatan Baru
Transaksi token IDRT di wallet Argent menggunakan sistem domain.

Hasil pengujian di meja Redaksi terhadap proyek Unstoppable Domains, satu nama domain redaksi.zil misalnya bisa mewakili 30 address yang berbeda, di antaranya Bitcoin, Ether, Litecoin dan lain sebagainya. Menggunakan mobile wallet Argent juga demikian. Bahkan biaya pengiriman aset kripto di Argent gratis alias cuma-cuma.

Sistem domain pada address aset kripto di Unstoppable Domains.

Jadi, di dompet kripto yang mendukung domain kripto seperti itu, cukup memasukkan nama domain, lalu mengirimkan dananya. Tak perlu lagi melakukan “copas” address seperti biasa. Cara ini kian mempercepat proses transaksi, terlebih-lebih ketika pengiriman dalam jumlah yang banyak.

Untuk bisa mendapatkan domain kripto di Unstoppable Domains Anda perlu merogoh kocek hingga US$20. Dengan duit itu Anda mendapatkan satu domain berekstensi .zil dan satu domain berekstensi .crypto. Sedangkan di Argent, hingga saat ini masih gratis, tapi perlu menunggu hingga 3 hari lamanya. Sayangnya, hingga saat ini tidak semua jenis wallet yang mendukung pengiriman dengan sistem ini, termasuk wallet kripto di bursa kripto. Khusus proyek Unstoppable Domains, salah satu wallet yang mendukung adalah Coinomi. [Red]

Ikuti media sosial kami

INFO IKLAN/AD INFO