Tencent Dikabarkan Membentuk Tim Peneliti Uang Digital Berbasis Blockchain

Tencent, raksasa teknologi asal Tiongkok dikabarkan membentuk tim peneliti uang digital berbasis blockchain. Tencent yang mengelola WeChat itu masih enggan berkomentar lebih jauh soal kabar tersebut.

Menurut laporan media lokal Tiongkok, berdasarkan laporan internal, WeChat sedang dalam proses membuat tim peneliti tentang uang digital agar selaras dengan kebijakan blockchain ala pemerintah Tiongkok.

WeChat Pay dan AliPay menyumbang hampir setengah dari bisnis pembayaran berbasis ponsel yang sangat besar di Tiongkok. Secara total kedua-duanya digunakan oleh lebih dari 580 juta orang. Bank Sentral Tiongkok juga pernah mengatakan bahwa kedua perusahaan adalah yang pertama menerima mata uang digital.

Matthew Graham, CEO Sino Global Capital mengatakan, bahwa jika kabar itu benar, maka ini kabar yang baik bagi Tencent dalam waktu dekat.

“Akan tetapi, itu berpotensi sebagai ancaman dalam jangka pendek, sebab mata uang digital Tiongkok bisa menjadi ‘pesaing’ bagi sistem yang telah dikembangkan oleh Tencent, termasuk Alibaba dengan AliPay. Namun, bisa jadi kedua sistem akan berdampingan, saling mengisi dengan sektor pasar yang berbeda,” kata Graham. [Red]

IKLAN
spot_img

Terkini

Terkait